Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dampingi UMKM di Medan untuk Terapkan SNI

  • Senin, 15 Agustus 2022
  • Humas BSN
  • 229 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus meningkatkan kolaborasi dengan kementerian/lembaga untuk mendorong penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). Bersama Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), BSN menyelenggarakan pelatihan “Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)” di berbagai daerah, salah satunya di Sumatera Utara pada 9-10 Agustus 2022.

Selepas pelatihan, Deputi Penerapan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah, bersama Direktur Pemberdayaan Usaha Kementerian Investasi/BKPM, Anna Nurbani mengunjungi CV Makiji di Medan, Sumatera Utara pada Rabu (10/8/2022).

CV Makiji merupakan salah satu UMKM di Medan yang berkomitmen menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Saat ini, CV Makiji tengah berupaya menerapakan SNI 3818:2014 Bakso Daging, dengan pendampingan dari BSN. Zakiyah pun mengapresiasi pemilik CV Makiji, Winda, yang telah melakukan perbaikan tempat produksi sesuai masukan dari BSN.

CV Makiji bukanlah satu-satunya UMKM di Medan yang berkomitmen menerapkan SNI. Selain CV Makiji, terdapat 3 UMKM yang juga menyatakan komitemennya untuk menerapkan SNI. Ketiga UMKM tersebut adalah perajin sepatu kulit, sirup jeruk kesturi, dan pempek ikan tenggiri. Untuk itu, Kepala Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN wilayah Riau, Refiano Andores, mengunjungi ketiga UMKM tadi untuk melakukan gap analysis pada Rabu (10/8/2022) dan Kamis (11/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Andores menyampaikan rekomendasi perbaikan infrastruktur dan persyaratan legalitas yang perlu dipenuhi sebelum mencapai target sertifikasi SNI. Ia menyatakan, BSN melalui KLT Riau berkomitmen untuk mendampingi pelaku usaha dalam penerapan SNI. “Jarak tidak akan menjadi penghalang untuk membina UMKM. Kami akan terus mendampingi dan membantu dalam penerapan SNI hingga target sertifikasi tercapai,” tegas Andores. (KLT Riau-ed:Humas)