Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Juara KSN 2022 Siap Berkompetisi di Olimpiade Standar Internasional

  • Jumat, 29 Juli 2022
  • Humas BSN
  • 435 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) 2022 pada Mei – Juli 2022. Setelah melewati berbagai tahapan penilaian, terpilihlah 3 tim terbaik yang menjadi juara KSN 2022 yang terdiri dari Tim SMA Bina Tunas Bangsa Jakarta, Tim SMA Narada Jakarta, dan Tim MAN Insan Cendekia Gorontalo.

Dalam Seremoni Penyerahan Penghargaan Pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional Tahun 2022 pada Jumat (29/7/2022) yang dilakukan secara daring, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad memberikan ucapan selamat kepada para juara KSN 2022.

Pada kesempatan ini Kukuh berpesan, bahwa dunia saat ini menghadapi perubahan-perubahan yang cepat di era globaliasasi, dan peran standardisasi menjadi sangat penting dimana salah satunya teknologi informasi sudah berkembang sangat cepat dan telah merubah banyak cara kita melakukan aktivitas sehari-hari.

“Apabila kita melihat topik yang menjadi fokus dalam KSN 2022 ini, yaitu ‘standardisasi pada pengelolaan dan pemanfaatan limbah baterai kendaraan listrik’, saya mengharapkan para peserta yang merupakan generasi muda Indonesia, calon penerus penerima estafet untuk keharuman NKRI dapat menjadi the next generation of expert and the future leaders in standardization and conformity assessment,” tutur Kukuh.

Kukuh menyebutkan bahwa melalui KSN yang diselenggarakan BSN ini, Indonesia aktif mengikuti Olimpiade Standar Internasional. Juara KSN 2022 akan mewakiili Indonesia dalam ajang 17th International Standards Olympiad 2022 yang diselenggarakan oleh Korean Standards Association (KSA) pada bulan Agustus 2022.

Plt. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (Pusbang SDM SPK) BSN, Ghufron Zaid melaporkan pelaksanaan Kompetisi Standardisasi Nasional 2022. Panitia menerima 18 essai dari 11 sekolah, kemudian dipilih 10 tim terbaik untuk mengikuti tahap wawancara, dan di tahap akhir terpilih 3 tim terbaik yang menjadi juaranya.

Sebagai persiapan mengikuti Olimpiade Standar Internasional, selanjutnya ketiga tim akan dibimbing dan diberikan bekal pengetahuan tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian hingga teknik penulisan standar internasional oleh Tim Pusbang SDM SPK BSN.(Tyo-Humas)