Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pengembangan Kompetensi SNSU-BSN Melalui Pelatihan Open Source Python

  • Senin, 25 Juli 2022
  • Humas BSN
  • 577 kali

Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia, Badan Standardisasi Nasional (SNSU TK, BSN) telah bekerjasama dengan Lembaga Metrologi Nasional Jerman Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) sejak tahun 2016 dalam rangka Penguatan Infrastruktur Mutu Sektor Energi (Strengthening Quality Infrastructure for The Energy Sector) khususnya Photovoltaik di Indonesia. Salah satu bentuk kegiatan kerjasama adalah pengembangan kompetensi SDM dalam pengelolaan infrastruktur mutu pengukuran fotovoltaik.

Pada tanggal 20 - 22 Juli 2022 telah diselenggarakan pelatihan Bahasa Pemrograman Python di Gedung 2 SNSU BSN, Setu, Tangerang Selatan dalam kerangka kerjasama sektor energi antara SNSU BSN dan PTB.

Pelatihan yang dibuka oleh Sandra Imelda selaku project koodinator PTB di Indonesia ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari SNSU BSN, BRIN (PRKKE & LTKE), BMKG, PT. Qualis Indonesia dan PT. PAS.

Dalam pelatihan tersebut PTB Jerman menghadirkan expert trainer seorang dosen program studi fisika dari Universitas Padjajaran, Ferry Faizar dan asisstent dosen Muhammad Ahyar Ibrahim A. Ferry Faizar menyampaikan materi bahasa pemrograman Python dasar dan lanjutan dengan menggunakan software opensource spyder. Dalam pelatihan ini juga disampaikan penggunaan fitur-fitur dan fungsi dalam bahasa pemrograman Python seperti REPL, terminal, editor, variable explorer.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari dan di hari terakhir ditutup oleh Sandra Imelda. Sandra menyampaikan harapan kepada peserta pelatihan untuk dapat menggunakan bahasa pemrograman Python dalam evaluasi ketidakpastian pengukuran di laboratorium dan mampu mengembangkan kemampuan bahasa pemrograman Python sehingga dapat diaplikasikan di bidang kompetensi masing masing.

Pelatihan bahasa pemrograman Python diharapkan bisa menjadi sarana mempermudah analisa dan evaluasi ketidakpastian pengukuran di laboratorium peserta pelatihan. pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan Bahasa pemograman open source phython yang dapat membantu bidang sains dan keteknikan dalam melakukan perhitungan matematis dan analisa data pengukuran. (AMF/MRI SNSU TK)