Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia-Timor Leste jajaki kerja sama standardisasi dan metrologi

  • Rabu, 20 Juli 2022
  • Humas BSN
  • 767 kali

Jakarta (ANTARA) - Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia dan Institute for Quality of Timor Leste (IQTL) menjajaki kerja sama bidang standardisasi, penilaian kesesuaian dan metrologi melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia dan Timor Leste.

"Kami melihat IQTL memiliki potensi sangat besar sebagai mitra kerja sama BSN dalam bidang pengembangan standar dan penilaian kesesuaian," kata Kepala BSN Kukuh S Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

MoU ditandatangani oleh Kepala BSN di kantor BSN, Jakarta, dan oleh Menteri Pariwisata, Perdagangan dan Industri Timor Leste Jose Lucas De Carmo Da Silva yang dilakukan di tengah kunjungan Presiden Timor Leste Ramos Horta di Istana Bogor, Jawa Barat.

Kukuh menuturkan kerja sama ekonomi antara kedua negara perlu didukung dengan fasilitasi perdagangan melalui eliminasi hambatan teknis perdagangan (Technical Barrier to Trade/TBT) dalam bidang standardisasi, penilaian kesesuaian dan metrologi.

BSN dan IQTL sepakat mengembangkan kerja sama terkait pertukaran informasi, partisipasi dalam berbagai pertemuan, penyelenggaraan kegiatan untuk mempromosikan kerja sama untuk mendukung saling pengakuan hasil standardisasi dan penilaian kesesuaian kedua pihak.

Kedua pihak juga bekerja sama untuk peningkatan kapasitas teknis, dan pengembangan kompetensi di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi, serta bidang-bidang lain yang disepakati bersama oleh para pihak.

MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU BSN sebelumnya dengan Ministrio Comercio, Industria e Ambiente-Kementerian Perdagangan, Industri dan Lingkungan Hidup Timor Leste (MCIA) yang telah berakhir pada 15 Agustus 2020.

"Perpanjangan kerja sama bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi antara Indonesia dan Timor Leste diharapkan dapat memfasilitasi perdagangan kedua negara sehingga neraca perdagangan Indonesia dapat semakin meningkat pada tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, selain MoU BSN dengan IQTL, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Timor Leste juga melakukan penandatanganan tiga MoU lainnya di Istana Bogor, yaitu MoU kerja sama terkait agrikultur, MoU kerja sama terkait teknis perdagangan, dan MoU kerja sama terkait pergerakan lintas batas bus komersial.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

 

Tautan Artikel: Indonesia-Timor Leste jajaki kerja sama standardisasi dan metrologi

 

Artikel Terkait: