Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan BPSMB Provinsi Maluku Utara “duet bersama” Tingkatkan Kompetensi Laboratorium Penguji

  • Selasa, 14 Juni 2022
  • Humas BSN
  • 145 kali

Guna mendukung penilaian kesesuaian produk unggulan daerah di Provinsi Maluku Utara, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan bimbingan teknis pemahaman dan analisa kesenjangan (gap analysis) berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 sebagai upaya meningkatkan kompetensi sarana dan SDM Laboratorium BPSMB Provinsi Maluku Utara pada Senin (6/6/2022). Bimbingan yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 6 hingga 8 Juni 2022 ini merupakan implementasi kerjasama yang telah terjalin antara BSN dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara dalam rangka penyiapan infrastruktur mutu.

Tahapan pembimbingan yang dilaksanakan secara on site kali ini, utamanya bertujuan untuk mengaktifkan kembali akreditasi laboratorium penguji BPSMB Maluku Utara yang sempat terakreditasi KAN.

Hadir sebagai narasumber dalam bimbingan adalah Fasilitator Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) selaku Asesor Kepala SNI ISO/IEC 17025, Tatang Arhata. Menurut Tatang, ruang lingkup pala dan kopra merupakan target pembimbingan yang dilakukan oleh BSN, agar nantinya laboratorium penguji BPSMB Maluku Utara kembali terakreditasi KAN.

“Pala dan kopra merupakan komoditi eskpor provinsi Maluku Utara, sehingga dengan meningkatnya kompetensi laboratorium penguji BPSMB Maluku Utara diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah Maluku Utara dalam meningkatkan daya saing produk unggulan daerah serta pengembangan sektor usaha di Provinsi Maluku Utara,” pungkas Tatang. (flpk/ ed: humas)