Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pentingnya Standarisasi Listrik Rumah Tangga

  • Selasa, 25 Januari 2022
  • Humas BSN
  • 579 kali

SOLO — Listrik merupakan kebutuhan utama dalam rumah tangga. Namun, seringkali masyarakat lupa, listrik menyimpan potensi bahaya yang besar. Terutama jika pemasangan instalasi tidak tepat. Hal ini mematik perhatian Lembaga Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Teknologi Warga (STTW) Surakarta, dengan membantu pemasangan instalasi rumah Suparman Hadi Puspito di Kampung Petoran RT 2 RW 6, Jebres, Solo.

Pengunaan listrik rumah tangga harus sesuai standar nasional Indonesia (SNI). Di antaranya memakai jasa petugas instalasi listrik rumah bersertifikat, menggunakan peralatan ber-SNI, pasang jaringan sesuai kapasitas, termasuk proteksi untuk keselamatan.

“Pengunaan listrik rumah tangga harus sesuai standart. Supaya aman dalam penggunaannya,” kata ketua Pengabdian program LPPM STTW Surakarta Heri Kustanto.

Nah, jika pemasangan instalasi sesuai SNI, akan menghindarkan masyarakat dari kesetrum, korsleting, hingga kebakaran. “Untuk itu, sebaiknya kita mencegah potensi bahaya dengan mengikuti aturan standar instalasi listrik yang aman,” imbuh Heri.

Anggota LPPM STTW Surakarta Lujeng Widodo dan menambahkan, pemilihan kabel dan komponen  instalasi listrik rumah harus tepat. Tipsnya, perhatikan kapasitas listrik (kWh) dan kapasitas VA.

“Jangan sampai salah memilih petugas instalasi listrik. Mungkin semua terlihat baik-baik saja, tapi tak ada yang tahu apakah hasil pemasangannya sudah benar atau belum. Sebaiknya pilih petugas bersertifikasi,” beber Lujeng.

Anggota LPPM STTW Surakarta Wiyono menjabarkan, masyarakat bisa mengajukan surat laik operasi (SLO) pada badan Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil). Surat ini yang nantinya menjadi syarat mendapatkan aliran listrik ke PLN.

“Pilih peralatan listrik yang ber-SNI. Termasuk grounding saat pemasangan instalasi listrik rumah. Karena jika tiba-tiba daya membesar, misalnya ada sambaran petir, grounding atau ELCB membantu menjaga perangkat listrik di rumah tetap aman,” ujarnya. (*/fer)

 

Tautan berita: Pentingnya Standarisasi Listrik Rumah Tangga | Radar Solo (jawapos.com)