Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemkot Balikpapan Bangun Pasar Berstatus SNI, Pasar Klandasan Jadi Role Model

  • Kamis, 13 Januari 2022
  • 1208 kali

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Perdagangan Kota Balikpapan akan melakukan revitalisasi di seluruh pasar rakyat yang ada di Balikpapan secara bertahap.

Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan Arzaedi Rachman mengatakan, pasar rakyat di Balikpapan tak hanya perlu rehabilitasi, namun membutuhkan revitalisasi atau membangun pasar.

Pihaknya berencana membangun pasar berstatus Standar Nasional Indonesia (SNI), terdapat 44 kriteria syarat yang harus dilengkapi untuk mendapat kategori pasar SNI.

Pasar Klandasan akan menjadi pasar pertama yang mendapat sentuhan perbaikan tersebut. Arzaedi Rachman juga sudah berkonsultasi dengan Sekretaris Daerah dalam hal ini.

“Saran dari sekda perbaikan sudah sulit dan secara konstruksi tidak memungkinkan. Itu harus dibangun ulang, makanya perlu revitalisasi,” ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Pihaknya telah memulai dengan detail engineering design (DED) revitalisasi, kemudian menyiapkan DED untuk tempat penampungan sementara.

Targetnya setiap tahun akan ada satu pasar yang mendapat revitalisasi. Kebutuhan biaya revitalisasi itu sekira Rp 12-20 miliar untuk setiap pasar.

"Tergantung luasan lokasi pasar dan jumlah pedagang,” kata Arzaedi Rachman.

Jika bangunan baru telah rampung, Dinas Perdagangan Balikpapan mulai melakukan penataan zonasi dan peraturan secara ketat. (*)

 

Tautan berita: Pemkot Balikpapan Bangun Pasar Berstatus SNI, Pasar Klandasan Jadi Role Model - Tribunkaltim.co (tribunnews.com)