Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gelar Tes SKB CASN Secara Mandiri

  • Rabu, 08 Desember 2021
  • 908 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Aparatur Sipil Negara BSN secara mandiri di Auditorium Sumitro Djojohadikusumo gedung BJ Habibie, Jakarta (8/12/2021). Tes SKB ini merupakan rangkaian tes tahap akhir yang meliputi Tes SKB, Psikotes, serta wawancara dengan pimpinan unit kerja terkait.

Dalam kesempatan ini, Kepala BSN, Kukuh S.Achmad hadir menyemangati para peserta tes. "Menjadi ASN merupakan pilihan yang luar biasa, karena berarti adik-adik sudah memiliki tekad untuk berkontribusi memajukan bangsa Indonesia," tutur Kukuh. Kukuh didampingi oleh Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Inspektur BSN, Ajat Sudrajat; dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum BSN, Iryana Margahayu.

Iryana menjelaskan, selain penyelenggaraan tes SKB secara terpusat di Badan Kepegawaian Negara (BKN), BSN juga menyelenggarakan tes SKB secara mandiri. "Tes SKB secara mandiri ini dikhususkan bagi para peserta yang mengambil jabatan/formasi tertentu, yang hanya ada di BSN," jelas Iryana.

Jabatan-jabatan tersebut adalah Analis Penyiapan Penerapan Standar; Analis Perumusan SNI; Analis Proses Akreditasi Laboratorium Kalibrasi; Analis Proses Akreditasi Laboratorium Penguji; Analis Proses Akreditasi Lembaga Sertifikasi Produk, Personel, Halal, Pangan Organik; Penelaah Sistem Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Laboratorium Medik; Pengembang Sistem Akreditasi dan Sertifikasi Produk, Pelatihan, dan Personil; Pengembang Sistem Akreditasi Laboratorium Penguji; dan Pengevaluasi Ketertelusuran Standar Fisik.

Iryana pun menerangkan, di masa pandemi ini, pelaksanaan penerimaan CASN BSN sangat memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum memasuki ruangan tes, para peserta diwajibkan untuk mengukur suhu badan, mencuci tangan dengan hand sanitizer yang disediakan, memakai masker 2 lapis, serta tetap menjaga jarak.

Tes SKB CASN BSN secara mandiri ini diikuti oleh 184 peserta. Adapun Tes SKB CASN BSN secara terpusat diikuti oleh 57 peserta. Selanjutnya, seluruh peserta tes akan mengikuti tes wawancara dengan kepala unit kerja sesuai pilihan masing-masing. Jadwal tes wawancara akan diumumkan di website BSN dan akun media sosial resmi BSN. (ald-Humas)




­