Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Presiden ISO: Capai Ekonomi Hijau dengan Komitmen The London Declaration

  • Jumat, 10 Desember 2021
  • Humas BSN
  • 2122 kali

Perubahan iklim global selain berdampak terhadap lingkungan, juga mempengaruhi keberlangsungan ekonomi dan bisnis. Hal ini menjadi perhatian masyarakat dunia. Komitmen berbagai negara untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim global salah satunya tertuang dalam The London Declaration.

“Deklarasi ini merupakan komitmen yang datang dari banyak negara di dunia untuk memitigasi dampak buruk perubahan iklim,” ungkap Presiden International Organization for Standardization (ISO), Eddy Njoroge dalam Pertemuan Bulanan ISO Regional Asia Pasifik, pada Kamis (9/12/2021) secara virtual.

Eddy menekankan bahwa The London Declaration memerlukan dukungan dari semua bangsa di dunia untuk menjalankan komitmen tersebut demi mewujudkan ekonomi hijau (green economy) dan energi biru (blue energy).

“ISO memastikan berbagai standar global yang tersedia dapat mendukung aksi mitigasi perubahan iklim, juga menjalankan berbagai inisiatif internasional untuk mencapai tujuan-tujuan pencegahan dampak buruk dari perubahan iklim,” jelas Eddy Njoroge

Kemudian Eddy Njoroge mengingatkan akan pentingnya Regional Engagement Initiatives (REI) yang sudah berjalan agar tetap dilaksanakan secara konsisten. Pertemuan bulanan Anggota ISO Regional Asia Pasifik adalah salah satu wujud kegiatan terbaik dari pelaksanaan REI.

Pertemuan rutin ini dapat memastikan bahwa Negara-negara Anggota ISO Regional Asia Pasifik memahami berbagai strategi serta cara-cara untuk mewujudkannya. Sebagai Organisasi internasional, ISO membuat berbagai hal menjadi easier, safer, better melalui standardisasi.

Dalam kesempatan yang sama juga dipresentasikan mengenai International Organization for Standardization/Committee on Consumer Policy (ISO/COPOLCO) yang menjabarkan informasi terbaru mengenai aktivitas standardisasi terkait konsumen yang diselaraskan dengan tujuan-tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, yang dipresentasikan oleh COPOLCO Vice-Chair, Sadie Dainton.

Acara ini turut dihadiri oleh Analis Kebijakan Ahli Utama BSN, Puji Winarni yang pernah menjabat sebagai Anggota ISO Council Tahun 2018-2020. Acara berjalan secara interaktif yang memfasilitasi tanya-jawab antara peserta dengan narasumber. (PjA – Humas).