Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Beri Anugerah SNI Award 2021 untuk Kampus dan Sekolah

  • Jumat, 19 November 2021
  • Humas BSN
  • 1400 kali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menggelar SNI Award 2021. Kriteria SNI Award disebut telah digunakan oleh organisasi/pelaku usaha sebagai acuan dalam mengembangkan organisasinya. Selain itu, guna memperoleh hasil kinerja secara berkesinambungan karena melihat terus meningkatnya keikutsertaan peserta SNI Award dari tahun ke tahun.

"Pada tahun ini sebanyak 231 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Dari jumlah tersebut yang lolos sampai tahap site evaluation sebanyak 113 organisasi/perusahaan. Dari 113 organisasi tersebut, dewan juri menetapkan, sebanyak 98 organisasi/perusahaan berhak sebagai penerima SNI Award 2021,” jelas Kepala BSN, Kukuh S Achmad, dalam siaran pers, Kamis (17/11).

Untuk organisasi pendidikan menengah dan tinggi ada sejumlah sekolah yang mendapatkan SNI Award peringkat perak. Yaitu, SMK SMAK Padang Kementerian Perindustrian (Organisasi Pendidikan Menengah), Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri (Organisasi Pendidikan Tinggi), Universitas Ciputra Surabaya (Organisasi Pendidikan Tinggi), Universitas Esa Unggul (Organisasi Pendidikan Tinggi), Universitas Hasanuddin (Organisasi Pendidikan Tinggi), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Organisasi Pendidikan Tinggi), Universitas Negeri Makassar (Organisasi Pendidikan Tinggi), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (Organisasi Pendidikan Tinggi), dan Universitas Telkom (Organisasi Pendidikan Tinggi).

Kukuh menyatakan, penilaian SNI Award dilakukan secara ketat oleh tim evaluator yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Pemenang ditetapkan oleh dewan juri yang diketuai Sandiaga Salahuddin Uno, yang saat ini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan beranggotakan 19 orang yang ahli di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Sandiaga saat memberi sambutan secara online menyampaikan apresiasi dan selamat kepada para Penerima SNI Award. Menurutnya, melalui ajang SNI Award ini, perusahaan atau organisasi dapat meraih benefit lebih. 

Diharapkan SNI Award dapat menjadi acuan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Karena SNI Award menilai berbagai aspek yang dapat mendorong kemajuan organisasi dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik, termasuk manajemen dan kepemimpinan, fokus pada pelanggan, pengembangan sumberdaya, pengelolaan atau realisasi produk, dan hasil bisnis.

SNI Award yang dicanangkan sebagai The National Quality Award of Indonesia, telah dimulai sejak tahun 2005. SNI Award merupakan sebuah pemberian penghargaan tertinggi dari pemerintah Indonesia bagi organisasi yang menerapkan SNI secara konsisten, berkinerja tinggi, memiliki kemampuan mengelola dinamisasi perubahan dan melakukan transformasi yang diperlukan secara tepat.

Dikarenakan pandemi Covid-19, pada tahun 2020 penyelenggaraan SNI Award yang biasanya dilakukan setiap tahun, dilakukan perpanjangan dua tahun. Tata cara penilaian SNI Award juga beradaptasi dengan mengikuti protokol kesehatan. Pelaksanaan penilaian dilakukan seecara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Penghargaan SNI Award 2021 diberikan kepada 98 organisasi dan perusahaan yang terdiri dari peringkat platinum, emas, perak, dan perunggu serta early improvement yang meliputi 12 kategori. Yaitu, Kategori Organisasi Kecil Jasa, Organisasi Menengah Jasa, Organisasi Besar Jasa, Organisasi Kecil Barang, Organisasi Menengah Barang Sektor Agro.

Kemudian Organisasi Menengah Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Organisasi Menengah Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan, Organisasi Besar Barang Sektor Agro, Organisasi Besar Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika. Berikutnya ada Organisasi Besar Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan, Organisasi Pendidikan Tinggi, serta Organisasi Pendidikan Menengah. 

Tautan Artikel: BSN Beri Anugerah SNI Award 2021 untuk Kampus dan Sekolah