Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Gen Z Kota Bandung Mengenal Lebih Dekat BSN dan SPK Melalui SNIzen Meet Up 2021

  • Selasa, 09 November 2021
  • Humas BSN
  • 651 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi (HKLI) menyelenggarakan SNIzen Meet Up pada 3-5 November 2021 di Bandung, Jawa Barat. Kali ini, SNIzen Meet Up menyapa tiga universitas yaitu Universitas Sangga Buana, Universitas Komputer Indonesia dan Universitas Nurtanio.

Melalui SNIzen Meet Up, BSN mengajak para mahasiswa untuk lebih mengenal standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK), alur sertifikasi serta bagaimana standar menjawab kebutuhan untuk masa depan. Dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan ini dipandu oleh Tim Biro HKLI BSN, acara berlangsung meriah dan menyenangkan. Para mahasiswa sangat antusias menyimak paparan dan berdiskusi dengan para narasumber.

Koordinator Kelompok Substansi Kerja Sama BSN Suhaimi A. Kasman mengungkapkan, SNIzen Meet Up merupakan salah satu implementasi Perjanjian Kerja Sama antara BSN dan Universitas Sangga Buana, Universitas Komputer Indonesia serta Universitas Nurtanio. Diharapkan, melalui kerja sama yang dibangun, BSN dan perguruan tinggi dapat saling berkolaborasi dan berkontribusi dalam mengembangkan standardisasi dan penilaian kesesuaian untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Senada dengan Suhaimi, Sigit Wijatmiko selaku Sub Koordinator Hubungan Antar Lembaga BSN, menambahkan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk nyata dari BSN untuk mendiseminasikan SPK serta menjaring generasi muda (Gen Z) yang nantinya bisa menjadi jejaring komunikasi BSN dengan generasi muda serta agen perubahan terkait SPK di Indonesia. Melalui SNIzen Meet Up ini, Suhaimi dan Sigit mengharapkan agar pengetahuan tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian akan lebih mudah menjangkau Gen Z saat ini. Selain itu, dalam implementasinya selaras dengan program kampus merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia, Ely Suhayati menyampaikan pihaknya sangat menyambut baik kegiatan SNIzen Meet Up. Menurutnya, kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para mahasiswa tentang standardisasi, lebih khususnya yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan bisnis.

Wakil Rektor I Universitas Sangga Buana, Didin Saepudin menjelaskan akan pentingnya standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam proses belajar. Kedepannya, setelah penandatanganan MoU ini, para mahasiswa dapat dilibatkan dalam membina UMKM sesuai standardisasi dalam mendukung pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Rektor I Universitas Nurtanio, Tita Meirina Djuwita dalam sambutannya mengatakan sebagai bagian dari fakultas teknik, ekonomi dan sospol tentunya sangat menyadari pentingnya standar di setiap produk, sistem dan proses. "Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita perlu untuk lebih mengetahui tentang pentingnya standar nasional Indonesia dan penerapannya," ungkap Meirina. Ia berharap setelah mendapatkan arahan dan pengertian tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) ini, para mahasiswa dapat mengambil bagian dalam mensukseskan dan mensosialisasikan SNI ini. (Hublem - Humas)