Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi, Bekal Generasi Penerus Harumkan Indonesia

  • Senin, 01 November 2021
  • 2522 kali

 

Di era serba automasi dan robotisasi saat ini, keberadaan standar semakin dirasa perlu untuk disusun dan diterapkan. Generasi muda, khususnya dari Indonesia, perlu dipersiapkan untuk menjadi “The Next Generation of Experts and Future Leaders in Standardization and Conformity Assessment”.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Nasrudin Irawan, selepas penyerahan medali dan sertifikat pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) dan Olimpiade Standar Tahun 2021 di MAN Insan Cendikia Gorontalo, Senin (25/10/2021). Sebelumnya, 3 orang siswa dari MAN Insan Cendikia Gorontalo yaitu Fayza Amalia Putri Kusumawardani, Farrel Aryo Wahyudi, serta Zidny Ilma Hasan, berhasil meraih Platinum Prize yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang Olimpiade Standar Internasional ke-16/The 16th International Standards Olympiad yang diselenggarakan pada 24-26 Agustus 2021.

Dalam kesempatan ini, Nasrudin yang didampingi oleh Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BSN, Yopi, mengajak para siswa untuk menyiapkan diri dalam menghadapi era teknologi maju. “standar dibuat untuk memudahkan kehidupan kita sehari-hari dalam menunjang kemajuan teknologi informasi, khususnya otomasi dan robotika. Saya harap, adik-adik memiliki bekal pemahaman standar yang baik sejak dini,” tutur Nasrudin.

Nasrudin pun berpesan kepada pimpinan MAN Insan Cendikia Gorontalo serta para pendidik untuk terus mengenalkan pentingnya penerapan standar pada peserta didiknya, sehingga para siswa dapat menjadi generasi penerus dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan standardisasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga kelak saat adik-adik telah menjadi seorang professional, dapat mengaplikasikan standar dalam kehidupan sehari-hari serta di sektor-sektor profesi yang akan ditekuni, dan pada akhirnya dapat berpartisipasi menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang semakin unggul dan berdaya saing di masa mendatang,” pungkas Nasrudin. (ald-Humas)




­