Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Gibran Rakabuming Raka : Solo Siap Jadi Tuan Rumah IQE ke-10 Tahun 2022

  • Rabu, 27 Oktober 2021
  • Humas BSN
  • 1873 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad melakukan audiensi dengan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka secara virtual pada Selasa (26/10/2021) dalam rangka pelaksanaan Indonesia Quality Expo (IQE) ke-10 tahun 2022 di Solo dan penjajakan kerja sama.

Gibran menyambut baik rencana pelaksanaan kegiatan IQE 2022, dan menyatakan bahwa Solo siap untuk menjadi tuan rumah serta mendukung BSN dalam mensukseskan kegiatan IQE ke-10 di Solo. Begitu pula, kerja sama antara BSN dan Pemkot Surakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh menjelaskan bahwa dalam rangka memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional, setiap tahun sejak 2013, BSN menyelenggarakan kegiatan IQE. Mulai tahun 2017, IQE diselenggarakan di daerah. Keputusan menyelenggarakan IQE di daerah salah satunya setelah melihat semangat dan potensi daerah yang sangat luar biasa dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Tahun 2022, IQE rencananya akan diselenggarakan di Solo.

Kegiatan IQE, lanjut Kukuh untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang penerapan SNI. “Inti kegiatan IQE adalah pameran produk ber-SNI yang memberikan gambaran kepada masyarakat, pelaku usaha, UMKM, maupun aparat pemerintah daerah, bagaimana sukses story UMKM yang sudah menerapkan SNI, keberhasilannya, serta dampak ekonominya,” jelas Kukuh.

IQE juga akan menampilkan demo produk dan juga side event kunjungan industri. “Kunjungan industri bisa UKM atau industri menengah yang sudah menerapkan SNI yang menjadi teladan bagi industri lain untuk menerapkan SNI. Selain itu, juga akan dilakukan publikasi baik secara online maupun offline dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Kukuh.

Sementara, terkait kerja sama antara BSN dan Pemkot Surakarta, hal ini dilakukan guna memperkenalkan standardisasi dan penilaian kesesuaian, khususnya SNI kepada mitra kerja BSN. Kerja sama dilakukan baik di lingkungan pemerintah kota maupun masyarakat umum untuk memberikan jaminan mutu, dan peningkatan daya saing terhadap produk unggulan daerah yang ada di Surakarta.

Tujuan kerja sama ini sebagai upaya saling melengkapi dan mendukung sesuai dengan perannya masing-masing agar tercipta keseimbangan secara holistik dalam pembinaan dan pengembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam mendukung terciptanya pelayanan publik yang baik.

Turut hadir dalam audiensi, Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo; dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri. IQE rencananya akan diselenggarakan bulan Oktober 2022 di Solo Paragon Mall. (nda-humas)