Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional 2021

  • Kamis, 07 Oktober 2021
  • dedi dedi
  • 1344 kali

Semenjak terjadinya pandemi Covid-19, semua negara di dunia tidak luput dari dampak pada seluruh aspek kehidupan kehidupan termasuk perekonomian. Sebagai gambaran, pada tahun 2020, PDB atas dasar harga berlaku Indonesia mencapai Rp15.434,2 triliun dan PDB per kapita mencapai Rp56,9 Juta atau US$3.911,7. Nilai tersebut turun 2,07% dibandingkan tahun 2019. Ekonomi Indonesia saat ini mulai membaik, tercatat pada triwulan II tahun 2021, PDB tumbuh 7,07% dibanding tahun sebelumnya. Tren pertumbuhan tersebut harus dijaga bahkan ditingkatkan. Pemulihan ekonomi menjadi suatu komitmen bersama yang harus dilakukan sampai kembali normal.

Hal itu telah menjadi tekad Pemerintah untuk segera pulih yang tercermin dari tema utama HUT RI tahun ini yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Suatu tema yang menunjukkan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Lembaga Pemerintah Non Kementarian (LPNK), diberikan tanggung jawab menjalankan fungsi pemerintahan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Sesuai dengan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, BSN memiliki tujuan untuk meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan dalam perdagangan, kepastian usaha, dan kemampuan Pelaku Usaha, serta kemampuan inovasi teknologi.

Sesuai dengan tujuan tersebut, dalam rangka memperingati hari standar dunia, BSN bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan Bulan Mutu Nasional. Acara ini merupakan upaya untuk membangkitkan kesadaran dan semangat masyarakat Indonesia akan pentingnya mutu dan infrastruktur mutu nasional. Tema Bulan Mutu Nasional 2021, sejalan dengan tema utama Hari Kemerdekaan RI, adalah “SNI untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”.

Rangkaian acara Bulan Mutu Nasional meliputi seminar nasional, workshop, pelatihan, pemberian penghargaan, pertemuan teknis, webinar, sosialisasi dan pameran produk bertanda SNI. Seminar Nasional Standardisasi mengangkat tema “SNI untuk Indonesia Tumbuh dan Indonesia Tangguh”. Seminar dilaksanakan secara hybrid bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia terutama mendorong UMKM bangkit serta berkontribusi dalam pencapaian SDGs ke 8 : Economic Growth & Decent Work.(DSPK)