Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN: Kegiatan SPK Dilaksanakan Berlandaskan Nilai-nilai Pancasila

  • Sabtu, 02 Oktober 2021
  • Humas BSN
  • 471 kali

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 di tingkat Nasional dilaksanakan secara khidmat yang bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur pada Jum'at (1/10/2021) pagi. Upacara mengambil tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara. 

Upacara juga digelar secara virtual mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Pimpinan Tinggi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut hadir secara daring dari Kantor BSN, Jakarta, sementara Pimpinan Tinggi Pratama dan para pegawai BSN mengikuti upacara secara virtual melalui kanal stasiun televisi dari tempat tinggal masing-masing.

Ditemui selepas upacara, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyampaikan, "Ada makna yang mendalam sejak Indonesia merdeka, para Founding Fathers sudah mengikarkan bahwa Pancasila adalah ideologi satu-satunya di Indonesia yang harus diikuti oleh seluruh Rakyat Indonesia. Dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, kita sudah buktikan bahwa Pancasila bisa terus mempersatukan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” 

"Terkait dengan standardisasi dan penilaian kesesuaian, tidak boleh lepas dari makna atau hakikat dari Pancasila. Kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian bertujuan untuk melindungi Bangsa Indonesia dari aspek kesehatan, keamanan, keselamatan, pengelolaan lingkungan hidup, dan juga untuk meningkatkan daya saing Indonesia di pasar nasional maupun global. Semuanya berlandaskan Nilai-nilai Pancasila yang kita anut," tegas Kukuh. 

Di dalam pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri para Pejabat Negara, diantaranya adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai Pembaca Teks Pancasila; Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo sebagai Pembaca Naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; kemudian Pembacaan dan Penandatanganan IKRAR oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani; serta Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang memimpin Pembacaan Do'a. (PjA - Humas).

 

Galeri Foto: Kepala BSN: Kegiatan SPK Dilaksanakan Berlandaskan Nilai-nilai Pancasila