Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kenalkan "Bang Beni" dalam RDP bersama DPR RI

  • Rabu, 22 September 2021
  • Humas BSN
  • 1802 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN)  menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI pada Selasa (21/09/2021) di Gedung Nusantara 1, DPR RI, Jakarta. BSN hadir bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). 

Rapat yang dipimpin oleh Pimpinan Komisi VI DPR RI, Martin Manurung ini membahas tentang penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) tahun anggaran 2022 sesuai hasil pembahasan badan anggaran.

Dalam kesempatan ini, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad melaporkan tentang rincian anggaran BSN untuk tahun 2022. Dari hasil rapat tersebut, Komisi VI DPR RI menyetujui penyesuaian alokasi anggaran BSN untuk tahun anggaran 2022. 

Menanggapi beberapa pertanyaan dari anggota DPR RI, Kukuh mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat sudah semakin cerdas dalam memilih barang yang dipakai harus sudah memenuhi standar yang semestinya. Untuk itu, BSN telah mengembangkan aplikasi untuk mengetahui barang-barang yang sudah mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI) melalui aplikasi Bang beni (Barang ber-SNI).

"Masyarakat bisa mengetahui bahwa SNI yang ada pada produk sudah sesuai melalui aplikasi Bang beni ini," ungkap Kukuh. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui website bangbeni.bsn.go.id. 

Kukuh menambahkan, tugas BSN selain berkontribusi terhadap perlindungan keamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat dengan mewajibkan SNI melalui regulasi, BSN juga mendorong penerapan SNI secara sukarela, sehingga masyarakat semakin yakin dalam memilih barang yang sesuai standar.

Untuk mendorong penerapan SNI, Kukuh menyebutkan bahwa BSN juga melakukan pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan membuat role model dan kemudian memberikan testimoni agar bisa didengar oleh UMKM lainnya.

RDP kali ini turut dihadiri Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo; Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah; dan Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Hastori.(Tyo-Humas)

 

Galeri Foto: BSN Kenalkan "Bangbeni" dalam RDP Bersama DPR RI