Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Buah Pala Telah Di Tetapkan Sebagai Revisi SNI Pala Oleh BSN

  • Selasa, 14 September 2021
  • Humas BSN
  • 509 kali

KBRN, Fakfak : Badan Standarisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Buah Pala sebagai Revisi Standar Nasional Indonesia (SNI), melalui Keputusan Kepala Badan Standarisasi Nasional Nomor 382, tentang Penetapan Standar Nasional Indonesia. Pemberian Label SNI tersebut, di tujukan pada SNI Pala Banda dan SNI Pala Fakfak.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak Abdulrahim Fatamasya kepada RRI mengatakan, Penglabelan Buah Pala dengan Standar Nasional Indonesia Oleh Badan Standarisasi Nasional, telah di diskusikan sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 yang lalu. Namun pada tanggal 3 sepetember 2021 kemarin, BSN telah Merevisi Pala sebagai Standar Nasional Indonesia, baik itu untuk SNI Pala Banda Maupun SNI Pala Fakfak.

“SNI yang telah kita telah diskusikan dari 2019 hingga 2020, kini Pala Banda dan pala Fakfak pada 3 September 2021 telah ditetapkan lebel SNI nya, dan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Dirjen perkebunan Kementerian Pertanian serta NJO Inobo, Dinas Perkebunan maupun Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi papua barat yang telah bersama membahan hal ini,” kata Kepala Dinas Perkebunan.

Dengan telah di tetapkannya Pala sebagai Standar Nasional Indonesia atau SNI Abdulrahim Fatamasya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Fakfak, untuk bersama-sama meningkatkan kualitas buah pala.

“dengan telah dilebelnya Buah pala dengan SNI maka saya mengajak masyarakat Fakfak untuk bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas buah pala Fakfak maupun Pala Banda,” harapnya

Sebab tanpa adanya kualitas buah pala yang baik, maka akan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat itu sendiri, baik itu sebagai petani kebun pala, pedagang maupun pemerintah.

Ia mengajak kepada seluruh Masyarakat Petani Pala mulai dari Karas hingga ke Tomage untuk dapat bekerja sama dengan Para Pedagang maupun pemerintah dalam meningkatkan kualitas buah pala yang semikin bagus. Sehingga di harapkan kedepan Pala Fakfak dapat bersaing dengan Komoditi lainnya yang ada di luar negeri serta mampu mengekspor pala Fakfak dengan jumlah yang banyak. (JD/BR)

 

Tautan berita: Buah Pala Telah Di Tetapkan Sebagai Revisi SNI Pala Oleh BSN - Ekonomi | RRI Fak Fak |