Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Entry Meeting Pemeriksaan Kinerja BSN

  • Rabu, 04 Agustus 2021
  • Humas BSN
  • 1250 kali

Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) dan Badan Standardisasi Nasional (BSN) melaksanakan Entry Meeting Pemeriksaan Kinerja atas Efektivitas Pengelolaan Standardisasi dan Akreditasi tahun 2020-2021 secara daring pada Selasa (3/8/2021).

Entry meeting dipimpin oleh Kepala Auditorat Keuangan Negara 2C BPK, Suparwadi selaku penanggungjawab audit; Wakil Penanggungjawab, M. Fuad Rusdi; Pengendali Teknis, Aldi Scesar; serta Ketua Tim audit, Hang Perkasa beserta Tim. Acara dihadiri oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad beserta Pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan BSN.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh menjabarkan tugas dan fungsi BSN terkait standardisasi, penilaian kesesuaian juga akreditasi. BSN bertujuan memberi kontribusi terhadap perlindungan masyarakat dari aspek K3L dan mendukung peningkatan daya saing nasional baik di pasar domestik maupun internasional.

Suparwadi menyampaikan bahwa pemeriksaan kepada BSN dilaksanakan end-to-end mulai dari penyiapan standar, diseminasi standar, pemberlakuan standar wajib, penegakan standar oleh LPK, dan bagaimana LPK ditunjuk dan diakreditasi oleh KAN. Dengan demikian, tidak hanya BSN, BPK juga akan memeriksa instansi terkait lainnya. Dalam hal ini, BPK lebih berperan sebagai konsultan untuk memberikan input kepada BSN.

Pemeriksaan kinerja bertujuan melihat kondisi existing yang ada untuk mencapai kondisi yang diharapkan, baik dari aspek ekonomi, efisiensi ataupun efektivitas. Pemeriksaan awal adalah pemerikasaan pendahuluan untuk mengidentifikasi isu-isu dari masing-masing tugas dan fungsi dengan pendekatan manajemen, yang dilaksanakan Juli-September 2021. Pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan terinci setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan pendahuluan, yang akan dilaksanakan pada September-November 2021.

Sasaran dan lingkup pemeriksaan meliputi penyelenggaraan tata kelola penerapan SNI secara komprehensif dan menyeluruh, pengelolaan sistem akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dengan berorientasi pada kompetensi, konsistensi dan imparsialitas serta keberterimaan global, serta pengelolaan Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) untuk menjamin ketertelusuran pengukuran nasional ke sistem internasional (SI) di BSN dan instansi terkait lainnya pada tahun 2020-2021. (Put – Humas)