Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BPSMB Akan Uji Sampel Komoditas Kakao Taluditi

  • Senin, 26 Juli 2021
  • 666 kali

Bone Bolango, InfoPublik - Kakao merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memegang peranan penting dalam peningkatan perekonomian.

Kakao sudah mulai dikembangkan para petani di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Tanaman para petani ini sekarang menjadi komoditas ekspor yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Tingginya permintaan biji kakao di pasar internasional mendorong para petani Pohuwato memilih mengembangkan perkebunan kakao, komoditas ini dinilai hasilnya sangat menjanjikan dibanding komoditas lainnya.

Pada pekan lalu Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Gorontalo melakukan pengambilan contoh biji kakao hasil perkebunan para petani kakao di Kecamatan Taluditi ini. BPSMB langsung mendatangi gudang penampungan biji kakao yang dikelola oleh PT Burung Indonesia.

“Biji kakao yang diambil contohnya adalah biji kakao yang sudah diolah melalui proses fermentasi dan pengeringan,  dan akan dilakukan pengujian mutu di laboratorium BPSMB,” kata Noviyanti Tilolango Analis BPSMB, Senin (26/7/2021).

Noviyanti Tilolango menjelaskan, pengambilan contoh komoditas harus dilakukan oleh petugas pengambil contoh yang kompeten dan terlatih sebab pengambilan contoh adalah bagian yang paling kritis dalam tahap pengujian maupun inspeksi

"Hasil pengujian, hasil inspeksi atau keputusan tidak akan berguna bahkan berbahaya apabila pengambilan contoh tidak akurat, tidak memenuhi standar," tutur Noviyanti Tilolango.

Safitri Utiarachman Manejer Mutu mengatakan biji kakao yang sudah diambil sampelnya akan dilakukan pengujian di laboratorium BPSMB untuk mengetahui mutu biji kakao apakah perlu ditingkatkan atau sudah mencapai mutu terbaik.

"Diharapkan komoditas perkebunan yang diandalkan oleh para petani di Taluditi ini sudah memenuhi standar mutu SNI sehingga bisa bersaing di pasar internasional," ungkap Safitri Utiarachman.

Menurut Wibren Jacobus Petugas Pengambil Contoh (PPC), pengujian ini juga dilakukan bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan analis dalam melakukan pengujian biji kakao. (MCGorontaloprov/Tahir/Rosyid)

Tautan Artikel: BPSMB Akan Uji Sampel Komoditas Kakao Taluditi