Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

TOP BGT, BSN Jabat Koordinator Regional ISO Kawasan Asia Pasifik

  • Kamis, 29 Juli 2021
  • Humas BSN
  • 938 kali

 

International Organization for Standardization (ISO) merupakan organisasi yang beranggotakan National Standards Bodies (NSB) atau Badan Standar Nasional dari seluruh dunia yang bekerja sama di bidang pengembangan standar internasional yang mendukung inovasi sekaligus memberikan solusi terhadap berbagai tantangan global. Dalam rangka berbagi informasi serta aktivitas terkini, ISO kawasan Asia Pasifik secara konsisten menggelar pertemuan bulanan, dimana untuk bulan Juli 2021 telah dilaksanakan secara virtual pada Rabu (28/7/2021).

Pada rapat virtual kali ini terdapat hal yang sangat istimewa, khususnya bagi Badan Standardisasi Nasional (BSN) karena salah satu pegawainya, Ike Permata Sari menjadi Koordinator Regional ISO untuk Kawasan Asia Pasifik. Posisi tersebut berperan penting dalam pengelolaan maupun manajerial segala hal yang berkenaan dengan aktivitas ISO Kawasan Asia Pasifik.

Ike yang mendapatkan gelar Master Program on Standardization, Social Regulation, and Sustainable Development dari University of Geneva di tahun 2014 ini memiliki pengalaman dalam kerja sama internasional bidang standardisasi, diantaranya sebagai the ISO Member Body User Administrator BSN;  Sekretariat ISO/TC 207/SC 7/ WG 7 yang mengembangkan ISO 14080; sebagai contact point APEC Sub-Committee on Standards and Conformance (APEC SCSC) untuk Indonesia sekaligus sebagai anggota the Pacific Area Standards Congress (PASC) Secretariat.

“Saya sangat bersemangat mengemban amanah ini dan menantikan untuk bekerja bersama dengan seluruh Anggota kawasan Asia Pasifik,” ungkap Ike saat perkenalannya pada seluruh peserta rapat virtual yang hadir.

Rapat virtual kali ini membahas mengenai perkembangan situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada pertemuan tata kelola dan teknis ISO yang direncanakan akan diadakan secara virtual hingga 31 Oktober 2021. Lebih lanjut, agenda-agenda kegiatan yang telah disusun ISO Kawasan Asia Pasifik antara lain Elections to ISO Governance Roles; Vienna Agreement 30th Anniversary; juga Virtual Exhibition ISO Week 2021.

Dalam kesempatan yang sama, President, International Federation of Standards Users (IFAN), Ross Wraight memperkenalkan IFAN yang merupakan lembaga nirlaba internasional independen yang juga berkecimpung pada penerapan standar bagi perusahaan, asosiasi profesional dan perdagangan, serta lembaga pemerintah.

Kemudian, Choy Sauw Kook dari Enterprise Singapore mengemukakan perihal agenda mengenai isu gender dalam perumusan standar yaitu ISO Gender Action Plan 2019 – 2021 dengan 5 area prioritas yaitu, Collect Data on Gender Representation; Collect Case Studies and Best Practices on Standards in Support of Gender Equality; Assess the Gender Responsiveness of ISO Standards; Raise Awareness on Standards in Support of Gender Equality and Women’s Empowerment; dan ISO’s Policy on Gender.

Rapat virtual ditutup dengan pesan dari ISO/CS, Henry Cuschieri untuk terus mempersiapkan program di sisa semester 2 tahun 2021 dan sepanjang tahun 2022, termasuk penentuan tema tahun 2022 yang masih berkembang salah satunya adalah from us, by us and for us. Turut hadir dalam rapat, Analis Kebijakan Ahli Utama BSN, Puji Winarni yang pernah menjabat sebagai Anggota ISO Council Tahun 2018-2020. (PjA – Humas).