Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pelaku IKM di Kota Dumai Dapat Meningkatkan Daya Saing Melalui Standardisasi Produk Nasional

  • Kamis, 22 Juli 2021
  • 648 kali

DUMAI, RIAUGREEN.COM - Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yusrizal S.Sos, M.Si, menghadiri Kegiatan Optimalisasi Peran Pemerintahan Daerah dalam meningkatkan daya saing Industri kecil dan menengah yang bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung, Kamis (23/07).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KADIN (Kamar Dagang dan Industri) dan Badan Standardisasi Nasional ini berguna untuk mengoptimalkan peran Pemerintah Daerah untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah dengan memanfaatkan keberadaan Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang ada di Riau.

BSN selaku lembaga pemerintah non Kementerian yang bertugas untuk membina dan mengembangkan kegiatan standardisasi di Indonesia terus melakukan berbagai upaya dalam mendorong peningkatan daya saing nasional.

BSN mengembangkan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai satu-satunya standar yang berlaku secara nasional. Keuntungan dari penerapan SNI adalah produsen dapat memahami kepastian batas yang diterima oleh pasar.

Anggota DPR RI Ir. H. Arsyadjuliandi Rahman Efendi dalam kesempatan tersebut mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini sehingga bisa meningkatkan pengetahuan untuk para pelaku IKM.

"Kota Dumai mempunyai angka yang bagus dalam pertumbuhan ekonomi maupun dalam produk domestik dan juga memberikan sumbangan di sektor industri pengolahan. Pemerintah Daerah untuk terus selalu mendukung meningkatkan daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) dengan selalu bersinergi dengan BSN. Selama ini di pusat susah bagi kita untuk berkonsultasi, tapi sekarang BSN sudah ada di Riau di Pekanbaru dan ini bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalisasinya", jelasnya.

Asisten I Yusrizal S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan Para Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk bisa bersaing dengan global dan bisa berkontribusi untuk Kota Dumai.

"Dengan adanya sosialisasi ini merupakan peluang yang bisa diperoleh untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Dengan keberadaan IKM ini semoga dapat selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga bisa memberikan kontribusi untuk Kota Dumai yang kita cintai ini", ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu, Anggota DPRD Provinsi Riau, Kepala BSN Riau, Perwakilan KADIN Provinsi Riau, Ketua Kadin Kota Dumai, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Kadis Koperasi dan UMKM, Para Pelaku Usaha IKM.(dsk)

Tautan Artikel:  Pelaku IKM di Kota Dumai Dapat Meningkatkan Daya Saing Melalui Standardisasi Produk Nasional

Artikel Terkait: