Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sinergi BSN dan MMI dalam Memasyarakatkan Metrologi

  • Jumat, 16 Juli 2021
  • Humas BSN
  • 410 kali

Sebagai bagian integral dari sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, pengukuran merupakan elemen penting dalam sistem penjaminan mutu produk. Oleh karena itu, diperlukan sistem pengukuran yang benar dan personel yang terlatih untuk mengoperasikannya, agar hasil pengukuran dapat dijamin validitasnya. Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Mekanika, Radiasi, dan Biologi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Agustinus Praba Drijarkara mengatakan bahwa kompetensi personel pelaku pengukuran merupakan hal krusial dalam pengelolaan sistem pengukuran, khususnya di laboratorium kalibrasi, laboratorium pengujian, dan penyelenggara uji profisiensi yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

"Sebagai seorang asesor yang kerap ditugasi oleh KAN untuk melakukan asesmen terhadap laboratorium kalibrasi, saya mengamati bahwa banyak personel laboratorium memerlukan peningkatan kompetensi, namun sumber referensi maupun penyedia pelatihan sangat terbatas,” ujar Praba dalam webinar "Bagaimana Menetapkan Batas Suhu Ruang Kalibrasi yang Optimal untuk Kondisi Tropis" pada Kamis (15/7/2021). Webinar dengan format kolokium tersebut merupakan implementasi kerja sama antara Laboratorium SNSU BSN dengan Masyarakat Metrologi Indonesia (MMI).

Praba pun mengapresiasi langkah inovatif MMI dalam meningkatkan kompetensi masyarakat metrology melalui penyelenggaraan webinar. "Saya sangat menghargai inisiatif MMI untuk mengakomodasi kegiatan webinar semacam ini. Antusiasme peserta juga sangat baik, dilihat dari jumlah peserta dan juga banyaknya pertanyaan seputar topik yang dibahas," ucap Praba.

Dalam kesempatan ini, Presiden MMI, Sukiswanto menjelaskan bahwa MMI didirikan sebagai wadah kerja sama untuk para profesional yang bidang kegiatannya berhubungan dengan pengukuran, baik di bidang metrologi industri, legal, maupun ilmiah. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengukuran yang benar, MMI hadir untuk mengakomodasi para anggotanya dalam mendapatkan peningkatan kompetensi dan mengakses informasi terbaru tentang ilmu dan teknologi pengukuran. "Format webinar bisa menjangkau banyak pihak hingga ke pelosok, yang selama ini kesulitan mendapatkan akses pelatihan di bidang metrologi,” tutur Sukiswanto.

Rangkaian webinar metrologi MMI akan diselenggarakan secara daring setiap bulan dengan pembawa materi dari Laboratorium SNSU BSN sebagai pembina sistem penjaminan pengukuran di Indonesia, instansi pemerintah, perguruan tinggi, serta dari kalangan industri. Webinar disampaikan melalui media aplikasi zoom dan juga ditayangkan langsung melalui kanal youtube BSN (Dit.SNSU MRB/ed:Humas)