Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Berpartisipasi dalam kegiatan MEDEA APMP-APLMF Planning Workshop on Water

  • Jumat, 02 Juli 2021
  • Humas BSN
  • 658 kali

 

Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran Badan Standardisasi Nasional (SNSU BSN) yang diwakili oleh Koordinator Kelompok Substansi SNSU Kimia, Dyah Styarini serta Koordinator Kelompok Substansi SNSU Massa, Renanta Hayu Kresiani, ikut serta dalam kegiatan MEDEA APMP-APLMF Planning Workshop on Water, yang diselenggarakan secara daring pada Jumat (25/6/2021).

Partisipasi SNSU BSN dalam forum ini adalah dalam rangka meningkatkan kompetensi teknis serta peran aktif dalam jejaring metrologi di tingkat regional, khususnya dalam memberikan kontribusi terhadap jaminan mutu pengukuran kualitas air. Beberapa staf Laboratorium SNSU Kimia dan Laboratorium SNSU Massa yaitu Christine Elishian, Hafid dan Rudi Anggoro Samudro yang terkait dengan kalibrasi atau pengukuran parameter air juga turut mengikuti jalannya kegiatan workshop tersebut.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Metrology-Enabling Developing Economies in Asia (MEDEA) bekerjasama dengan Asia Pacific Metrology Programme (APMP) dan Asia Pacific Legal Metrology Forum (APLMF) ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang mayoritas berasal dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik yang merupakan anggota APMP dan APLMF.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan aktivitas yang akan dilaksanakan pada Program MEDEA 3.0 yang dimulai pada Mei 2021 hingga April 2024. Program MEDEA 3.0 yang didanai oleh Kementerian Federal untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, Jerman akan fokus pada langkah-langkah pengembangan kapasitas untuk membantu anggota berkontribusi pada prioritas ekonomi mereka dalam kaitannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

SDG 6 mengenai air bersih dan sanitasi menjadi salah satu fokus kegiatan MEDEA 3.0 disamping SDG 3 (Kesehatan), SDG 8 (Pertumbuhan Ekonomi) dan SDG 9 (Industri, Inovasi dan Infrastruktur).  

Pada workshop ini disampaikan paparan mengenai APMP Updates oleh Prof. Ma Liandi selaku Ketua APMP untuk Clean Water Focus Group (CWFG), APLMF Updates dari Dr. Osman Zakaria selaku Presiden APLMF, Best Practice Example oleh Dr. Angela Samuel selaku Ketua APMP untuk Developing Economies’ Committee (DEC) dan MEDEA 3.0 project overview oleh Ms. Katja Lamich dari PTB Jerman.

Kemudian terdapat sesi diskusi yang dibagi menjadi lima kelompok diskusi di mana SNSU BSN bergabung pada kelompok diskusi “Calibration and verification of water meter according to OIML R49” dan “Elemental Speciation”. Dalam sesi diskusi, dilakukan identifikasi kegiatan utama untuk merespon kebutuhan di masing-masing negara, menetapkan output yang ingin dicapai, serta mengidentifikasi stakeholder-stakeholder terkait.

Dengan berpartisipasi aktif pada kegiatan ini, diharapkan kebutuhan pengembangan kompetensi teknis SNSU BSN terkait pengukuran parameter kualitas air dapat diakomodir dan dapat menjadi salah satu aktivitas yang didukung oleh Program MEDEA 3.0. Selain itu juga ke depannya diharapkan SNSU BSN dapat terus berperan aktif pada kegiatan CWFG di APMP.

Dengan diperolehnya peningkatan kapasitas serta kompetensi teknis melalui peran aktif pada kegiatan-kegiatan kemetrologian tersebut, SNSU BSN diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para stakeholder di Indonesia khususnya dalam memperkuat infrastruktur mutu pengujian kualitas air.(SNSU/ed: Humas)