Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Lakukan Jajak Pendapat 10 RSNI

  • Rabu, 30 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 400 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan sosialisasi jajak pendapat Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) Lingkup Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal. Sebanyak 10 RSNI dibahas dengan unit kerja di lingkungan BSN melalui daring pada Rabu (30/6/2021).

Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia Kesehatan dan Halal BSN, Wahyu Purbowasito dalam pembukaannya mengatakan penyelenggaraan sosialisasi ini dilakukan guna memahami dan mengenalkan SNI kepada pegawai di lingkungan BSN.

“Jangan sampai para pegawai BSN atau unit terkait tidak mengetahui SNI yang sedang dalam tahap jajak pendapat. Harapannya, ini menjadi bagian alur informasi yang akan disegera ditanggapi oleh unit teknis,” ujar Wahyu.

Sepuluh RSNI yang masuk dalam tahap jajak pendapat kali ini, ada yang merupakan SNI baru, revisi, maupun adopsi. Salah satu SNI yang merupakan adopsi adalah SNI ISO 11978:2017 Optik ophthalmic – Lensa kontak dan produk perawatan lensa kontak – Pelabelan.

Menurut Pemateri Amjad Tri P, ruang lingkup SNI ISO 11978:2017 menjelaskan informasi yang akan diberikan oleh produsen tentang lensa kontak dan produk perawatan lensa kontak untuk memastikan penggunaan yang benar dan aman dari alat-alat tersebut beserta aksesorisnya oleh kedua pengguna lensa kontak: praktisi lensa kontak dan pemakai lensa kontak.

Adapun, persyaratan lensa kontak dalam SNI ini, lanjut Amjad diantaranya pencantuman nama atau nama dagang, nama produsen dan alamat produsen; momor lot yang diawali kata “LOT” atau simbol untuk “LOT”; tanggal kedaluwarsa; kondisi penyimpanan dan/atau penanganan khusus apapun (misalnya, jangan dibekukan), petunjuk pengoperasian khusus apapun (misalnya, jangan digunakan jika segel tamper-proof rusak);fFrekuensi penggantian, misalnya ganti tiap hari, ganti tiap pekan, atau ganti tiap bulan; serta kontra indikasi, peringatan, dan pencegahan, atau informasi lain apapun yang dianggap penting oleh produsen untuk penggunaan lensa kontak yang aman.

Selain Amjad yang memaparkan 4 RSNI terkait optik (Komtek 11-07), pemateri lainnya juga memaparkan secara ringkas isi dari 6 RSNI yang sedang berlangsung yaitu Nuri Wulansari (Komtek 67-08, 1 RSNI); Krisnandana D (Komtek 65-01, 1 RSNI; Komtek 65-02, 2 RSNI; Komtek 79-01, 1 RSNI); dan Ahmad Hawari A (Komtek 71-01, 1 RSNI).

Masyarakat bisa menyampaikan tanggapan terkait 10 RSNI ini melalui sispk.bsn.go.id. Berikut Daftar RSNI dalam proses Jajak Pendapat yang sedang berlangsung. (nda-humas)