Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Berpartisipasi dalam Forum Metrologi Internasional

  • Rabu, 30 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 963 kali

 

Dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa, Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berpartisipasi dalam forum internasional, salah satunya melalui Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU). Pada 23 dan 30 Juni 2021, Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid bersama Direktur Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN, Praba Drijarkara hadir dalam Pertemuan Komite Negara Berkembang Organisasi Metrologi Asia Pasifik (Asia Pacific Metrology Program Developing Economy Committee – APMP DEC) ke-42 yang diselenggarakan secara online.

 

APMP DEC mempunyai fungsi memfasilitasi lembaga metrologi di negara berkembang agar dapat memperoleh pengakuan internasional atas kemampuan pengukuran dan kalibrasinya.

Saat ini DEC diketuai Angela Samuel dari National Metrology Institute (NMI) Australia. dibantu oleh 3 orang anggota Coordinating Committee yaitu Ghufron Zaid (NMI Indonesia), Ajchara Chareonsook (NMI Thailand), dan Gao Wei (NMI China). DEC juga dilengkapi dengan 5 Gugus Tugas, diantaranya 2 diantaranya Gugus Tugas Monitoring dan Evaluasi yang diketuai oleh Ghufron Zaid dan Gugus Tugas Sistem Manajemen Pengetahuan yang diketuai oleh Praba Drijarkara.

 

Melalui partisipasi dalam APMP DEC, diharapkan kemampuan pengukuran dan kalibrasi yang dimiliki SNSU BSN mendapat pengakuan dari komunitas metrologi ilmiah regional Asia Pasifik. (Dit.SNSU TK/ed:Humas)