Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN dan BPFK Surabaya Jalin Kerjasama Pengembangan Kemampuan Kalibrasi Termometer Klinik  

  • Kamis, 17 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 1143 kali

Dalam rangka mengembangkan kemampuan kalibrasi termometer klinik serta menyediakan kerangka dan mekanisme kerja sama teknis pengembangan kemampuan kalibrasi termometer klinik, Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK) Surabaya melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Kemampuan Kalibrasi Termometer Klinik.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid bersama Kepala BPFK Surabaya, Khairul Bahri di Surabaya, pada Kamis (17/6/2021). Bertindak sebagai saksi Koordinator Tata Operasional BPFK Surabaya dan peserta perwakilan dari BPFK dan LPFK seluruh Indonesia.

“Banyak masyarakat masih keliru dalam menyikapi penggunaan termogun dan termometer selama masa Covid-19. Ke depannya, diharapkan tidak ada lagi kesalahan dalam membaca alat ukur, terutama alat ukur Kesehatan,” tutur Ghufron. Hal ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Ghufron juga mengharapkan masukan masyarakat terhadap permasalahan teknis terkait kalibrasi alat ukur kesehatan.

Beberapa poin kerja sama antara lain: Peningkatan kompetensi SDM, pengembangan sistem pengukuran dan kalibrasi termometer klinik, pengembangan metode kalibrasi termometer klinik, peningkatan awareness pemangku kepentingan terhadap jaminan mutu kalibrasi alat Kesehatan melalui pembinaan dan pelatihan serta bentuk lain yang disepakati, serta bidang lain yang disepakati.

Sebagai implementasi dari nota kesepahaman ini, BSN dan BPFK Surabaya akan melakukan uji banding kemampuan kalibrasi termometer telinga dan termometer dahi (termogun) pada tahun 2021 ini.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemaparan materi oleh Plt. Kepala Lab SNSU Radiometri dan Fotometri BSN, Aditya Achmadi serta Pengelola Lab SNSU Suhu/Peneliti Muda BSN, Dwi Larassati.

Kerja sama diharapkan dapat meningkatan kompetensi BPFK Surabaya dan LPFK seluruh Indonesia dalam uji banding. (Put – Humas)