Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

8 Tim Paparkan Esai untuk Kompetisi Standardisasi Nasional 2021

  • Rabu, 09 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 399 kali

Sebagai upaya untuk menghasilkan generasi muda yang memahami dan sadar akan standardisasi dan penilaian kesesuaian, di tahun 2021 ini, Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) tingkat SMA/SMK se-Indonesia yang telah dibuka sejak April 2021 lalu.

Setelah melalui tahap penilaian awal, terpilihlah 8 tim dari 4 sekolah yang berhak maju ke tahap wawancara yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (09/06/2021). Adapun kedelapan tim tersebut adalah dari MAN Insan Cendikia Gorontalo, SMA Islam Cikal Harapan 1 BSD, SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya, dan SMA Islam Al-Azhar 15 Semarang.

Dalam tahap wawancara ini, para peserta yang terdiri dari tiga orang diberikan kesempatan untuk mempresentasikan essai mereka kepada dewan juri yang disampaikan dalam bahasa Inggris, dan kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri, yang terdiri dari Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektronika, Transportasi, dan Teknologi Informasi BSN, Y. Kristianto Widiwardono; Robotic Business Specialist PT. Epson Indonesia, Rudyanto Sudarman; Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Purwowibowo; dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Wahidin Wahab.

Kepala Pusat Riset dan Pengembangan SDM BSN, Yopi menyampaikan bahwa kompetisi ini menjadi kegiatan yang sangat penting berkenaan dengan kemajuan dan perkembangan IPTEK saat ini yang sangat luar biasa. "Kita berharap perkembangan standardisasi mampu mendukung perkembangan IPTEK yang cepat ini. Maka SDM yang memahami standar menjadi mutlak diperlukan, dan dengan kompetisi ini kami berharap dapat mewujudkan itu," tutur Yopi. 

Pada KSN ke-6 tahun 2021 yang mengusung tema "Penerapan Standardisasi pada Autonomous Vehicle" ini, para peserta diharapkan dapat memberikan gagasan penerapan standar dalam teknologi kendaraan otonom yang saat ini sedang berkembang.

Setelah melalui tahap wawancara ini, akan dipilih tiga pemenang yang akan diumumkan pada 11 Juni 2021 melalui website bsn.go.id dan kompetisi-standar.bsn.go.id, dan selanjutnya pemenang akan berkesempatan mewakili Indonesia untuk mengikuti International Standard Olympiad  pada Agustus 2021 mendatang.(tyo-humas)