Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

24 Tahun BSN, Terus Berkarya Membangun Bangsa

  • Minggu, 28 Maret 2021
  • Humas BSN
  • 373 kali

Seiring dengan penanganan pandemi COVID-19, pemerintah tetap konsisten untuk mengimplementasikan Undang-Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Undang-undang ini bertujuan salah satunya untuk memberikan kemudahan izin usaha kepada pelaku usaha. Dalam konteks ini, Badan Standardisasi Nasional (BSN) ikut memberikan andil dengan memfasilitasi Kementerian dan Lembaga dalam menyusun peraturan perundangan turunannya, terutama untuk hal-hal yang terkait dangan standar dan penilaian kesesuaian.

“Dalam penyusunan regulasi teknis (regulasi berbasis standar), BSN telah lama mengenalkan konsep yang didalamnya memperhatikan risiko, baik untuk pelaku usaha maupun produk atau jasa yang dihasilkan. Saat ini, konsep tersebut menjadi nafas utama dalam Undang-Undang Cipta Kerja” ujar Kukuh S. Achmad saat membuka peringatan ulang tahun BSN ke 24. Acara  yang mengambil tema TOP BGT Bangun Sinergi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dilaksanakan pada Jumat (26/3/2021) di Gedung Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Puspiptek, Serpong. Acara ini diikuti oleh seluruh pegawai BSN, baik secara tatap muka maupun daring.

Kukuh berharap, kontribusi BSN tidak berhenti sampai di sini. Bertepatan dengan hari lahir BSN 24 tahun yang lalu pada 26 Maret 1997, Kukuh berpesan kepada seluruh pegawai BSN untuk terus berkarya membangun bangsa, meneruskan cita-cita pendiri BSN. “Hari ini, BSN tepat berusia 24 tahun. Namun, kita perlu ingat bahwa kita pernah mengalami usia 1 tahun, 4 tahun, 10 tahun, dan seterusnya. History sangat penting sebagai lesson learnt kita ke depan,” tutur Kukuh.

Ia pun mengajak kepada seluruh pegawai BSN untuk terus berkarya membangun bangsa. “Kita tidak boleh berpuas diri dengan capaian kita saat ini. BSN tetap perlu meningkatkan sinergi dengan stakeholder. Selain itu, signifikansi pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui standardisasi dan penilaian kesesuaian juga harus ditingkatkan, sehingga kehadiran BSN betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pesan Kukuh.

Dalam kesempatan ini, Kukuh pun memberikan penghargaan sekaligus melepas 2 pegawai BSN yang telah memasuki masa purnabakti, yaitu Acep Sujita dan Nazarudin dari Kedeputian SNSU BSN. Tidak lupa, Kukuh mengucapkan terima kasih atas dedikasi Acep Sujita dan Nazarudin untuk perkembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia. Dalam acara tersebut Darma Wanita Persatuan (DWP) BSN juga telah memberikan bea siswa kepada putra putri tingkat SD, SMP dan SMA yang berprestasi yang merupakan anak-anak dari para pegawai BSN dengan status pegawai pemerintah non pegawai negeri (ald-Humas).

 

Buah sukun, buah papaya

Buah papaya, manis rasanya

Selamat ulang tahun, BSN kita

Terus berkarya, membangun bangsa

 

Foto-foto kegiatan dapat dilihat di sini