Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rumah Potong Milik Koperasi Saudagar Minang Berstandar SNI Resmi Beroperasi

  • Kamis, 25 Maret 2021
  • Humas BSN
  • 210 kali

Bisnis.com, PADANG - Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) secara resmi telah mengoperasikan Rumah Potong Unggas (RPU) yang ada di kawasan Rumah Potong Hewan (RPH) Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (25/3/2021).

Ketua Koperasi Saudagar Minang Raya Joy Kahar menjelaskan pembangunan RPU itu sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Sempat terkendala adanya pandemi, dan baru hari ini RPU bisa diresmikan operasionalnya oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi.

"Kami di SMR merasa senang dengan telah diresmikannya RPU ini. Karena ada angin segar untuk kebangkitan ekonomi. SMR tentunya berharap dukungan semua pihak," katanya di Padang, Kamis (25/3/2021).

Dia menjelaskan RPU yang ada di Padang itu merupakan RPU yang sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena dalam prosesnya itu dilakukan secara halal dan higienis.

Menurutnya RPU itu mampu memproduksi ayam potong sebanyak 10.000-15.000 ekor atau sebanyak 16 ton ayam per harinya. Fasilitas yang dikelola oleh SMR akan dapat menjadi ekonomi baru di Sumbar dan khususnya di Kota Padang.

 Joy menargetkan dengan adanya RPU itu dapat mengisi kebutuhan ayam potong untuk KFC, CFC, McDonald, D'Besto, dan usaha ayam siap saji lainnya. Namun kedepannya SMR berharap tidak hanya untuk mengisi pasar di Sumbar saja, tapi berharap bisa untuk mengisi kebutuhan ayam potong untuk wilayah Sumatra.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, sudah tepat SMR untuk berinvestasi ke Padang, setelah sukses menjalankan usaha di tanah rantau.

"SMR ini adalah orang-orang perantau. Sekarang mereka melihat ada potensi yang bagus untuk dikelolah yakni RPU. Sehingga SMR berinvestasi di bidang produksi ayam potong ini," jelasnya.

Mahyeldi mengaku sejalan telah adanya RPU di Padang dan hanya satu-satunya RPU berstandar SNI di Sumbar, akan dapat memberikan peluang usaha baru.

Artinya, akan membuka lapangan pekerjaan serta akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga nantinya, Padang bisa dikenal oleh orang di wilayah Sumatra sebagai pemasok ayam potong nantinya.

"Saya mendukung untuk kemajuan dan perkembangan RPU oleh SMR ini. Silahkan jika ingin mengisi pasar di Sumbar, tapi saya juga berharap agar bisa mengisi pasar di luar Sumbar," sebutnya.

Di kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi memiliki pandangan yang menarik. Dia melihat RPU akan dapat mendorong pertumbuhan usaha peternakan di Sumbar.

"Di RPU ini juga akan ada peternakan ayam. Jadi bila ayam sudah layak panen, maka langsung diproduksi di RPU ini," ungkap Audy.

Melihat adanya potensi peternakan ayam, Audy pun mendorong generasi milenial untuk memanfaatkan peluang tersebut. Karena beternak ayam adalah usaha yang sangat bagus, dan tidak perlu gengsi.(k56).

 

Tautan Berita: Rumah Potong Milik Koperasi Saudagar Minang Berstandar SNI Resmi Beroperasi (bisnis.com)