Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Masa Pandemi, Inovasi Hadir untuk Mewujudkan Indonesia Bangkit dan Maju

  • Selasa, 02 Maret 2021
  • Humas BSN
  • 408 kali

Sudah satu tahun berlalu pandemi Covid-19 masih melanda dunia termasuk Indonesia. Selama satu tahun ini, kurang lebih sudah tercatat 61 produk inovasi karya anak bangsa yang telah dihasilkan dalam upaya penanganan Covid-19 di bawah koordinasi Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang PS Brodjonegoro dalam acara Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia di Jakarta pada Selasa (02/03/2021) mengatakan meskipun terdapat urgensi/mendesak untuk perlu segera mencari cara penanganan Covid-19, semua proses penelitian dan pengembangan sampai dengan hilirisasi semua harus mengikuti standar dan prosedur yang berlaku.


61 produk inovasi karya anak bangsa diantaranya, penanganan Covid-19 melalui penetapan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914:2020 Tekstil – Masker dari kain oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN); genose; mobile hand washer; rapid test RI-GHA; rapid test antigen-cepad; mobile lab biosafety level 2; dan terapi plasma konvalesen.

“Karena pandemi Covid-19 merupakan keprihatinan, kepedulian kita semua. Kita semua bersatu manyatukan hati untuk keluar dengan hasil yang terbaik. Inovasi Indonesia harus dilihat dengan otak kanan, unsur perasaan, hati untuk melihat bahwa jika tidak sekarang, maka Indonesia akan susah. Indonesia bisa menjadi negara yang tidak bergantung pada impor. Khususnya impor terkait teknologi. Ini adalah berkah karena pandemi,” ujar Bambang.

Bambang mencontohkan inovasi ventilator. Selama ini, Indonesia mengimpor ventitalor. Sementara, Covid-19 menyerang saluran pernafasan. Dikarenakan minimnya ketersediaan ventilator di berbagai fasilitas kesehatan Indonesia maka dengan tekad semangat yang luar biasa, berbagai institusi, Lembaga termasuk LIPI dan BPPT maupun perusahaan lainnya kemudian menghasilkan beberapa ventilator. Dengan keberadaan ventilator tersebut, menunjukkan upaya mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor alat kesehatan berhasil dilakukan.

Mengusung tema “Inovasi Indonesia Untuk Indonesia Bangkit, Indonesia Maju”, peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia juga menghadirkan Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo; Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Panca Putra Tarigan; serta dihadiri oleh para Kepala LPNK di Lingkungan Kemenristek/BRIN diantaranya Kepala BSN, Kukuh S. Achmad. Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Nasrudin Irawan, serta Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum BSN, Iryana Margahayu. (nda/humas)