Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kementerian ESDM: 17 Rancangan SNI ketenagalistrikan diselesaikan pada 2020

  • Kamis, 18 Februari 2021
  • Humas BSN
  • 142 kali

\KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 17 Rancangan Standard Nasional Indonesia (RSNI) Ketenagalistrikan dapat diselesaikan oleh Komite Teknis Sektor Ketenagalistrikan di tahun 2020. Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Wanhar menyampaikan bahwa hasil tersebut melebihi target 16 RSNI yang ditargetkan pada 2020.

“Meskipun di tengah Pandemi covid-19, Komite Teknis tetap mencari cara inovasi dan out off the box sehingga kegiatan tetap berjalan, hal ini patut diapresiasi,” ujar Wanhar dalam keterangan tertulis, Kamis (18/2).

Atas capaian tersebut, Wanhar pun menyampaikan apresiasinya kepada 84 orang pemangku kepentingan yang terlibat dalam perumusan RSNI bidang ketenagalistrikan. Terdiri dari 76 orang Komite Teknis (pelaku usaha, pakar, konsumen, akademisi) dan 8 orang dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Koordinator Standardisasi Ketenagalistrikan Wahyudi Joko Santoso menambahkan, pada tahun 2020 terdapat 8 komite teknis yang telah menyelesaikan 17 RSNI. 8 Komite teknis tersebut antara lain Komite Teknis Kaki Lampu, Fiting Lampu dan Luminer,   

Meter Listrik, Turbin Listrik, Komite Teknis Jaringan Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik, Komite Teknis Transformator, Kabel dan Konduktor Listrik, Lengkapan Listrik, dan Komite Teknis Persyaratan Umum Instalasi Listrik.

”Saat ini terdapat 7 RSNI yang tengah masuk dalam proses jajak pendapat untuk nantinya ditetapkan sebagai SNI, yakni Komite Teknis Meter Listrik sebanyak 3 judul RSNI, dan Komite Teknis Transformator sebanyak 4 judul RSNI,” ujar Wahyudi.

Pada tahun 2021 ini, sambungnya, terdapat 9 komite teknis yang akan bekerja menargetkan perumusan 18 RSNI Bidang Ketenagalistrikan. 9 Komte Teknis tersebut adalah Komite Teknis Kaki Lampu, Fiting Lampu dan Luminer, Turbin Listrik, Sistem Ketenagalistrikan, Perlengkapan dan Sistem Proteksi Listrik, Jaringan Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik, Transformator, Kabel dan Konduktor Listrik, Lengkapan Listrik, dan Komite Teknis Persyaratan Umum Instalasi Listrik.

Menurut Wahyudi, Prioritas Kegiatan Perumusan RSNI terkait Program Nasional tahun 2021 banyak yang terkait dengan program prioritas pemerintah untuk mengembangkan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, dan peningkatan rasio elektrifikasi dan energi baru terbarukan. 

Prioritas kegiatan tahun 2021 diantaranya meliputi Pengembangan Standar Terkait Sistem Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Program untuk mendukung peningkatan efisiensi pembangkit, Pengembangan Standar untuk  Smart Grid dan VRE (Variabel Renewable Energy), Pengembangan Standar Untuk mendukung program Rooftop, serta Pengembangan Standar Persyaratan Umum Instalasi Listrik  (PUIL) mendukung program Alat Penyimpanan Daya Listrik (APDAL).

 

Link: Kementerian ESDM: 17 Rancangan SNI ketenagalistrikan diselesaikan pada 2020 (kontan.co.id)