Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Maklumat Sertifikat Kalibrasi dan Pengukuran Elektronik

  • Rabu, 13 Januari 2021
  • P N
  • 124 kali

Dengan ini diumumkan kepada pengguna layanan dan khalayak umum bahwa Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran Badan Standardisasi Nasional (SNSU BSN) terhitung mulai tanggal 4 Januari 2021 hanya menerbitkan sertifikat kalibrasi/pengukuran secara elektronik dan tidak lagi menerbitkan sertifikat kalibrasi/pengukuran dalam bentuk tercetak.

Sertifikat kalibrasi/pengukuran dari Laboratorium SNSU BSN diterbitkan dalam format PDF dan ditandatangani secara digital dengan sertifikat keamanan yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara (BSrE-BSSN). Keaslian sertifikat elektonik ini dapat diverifikasi dengan cara memindai kode QR pada halaman muka sertifikat, yang akan menampilkan sertifikat asli yang tersimpan di situs web BSN. Sertifikat kalibrasi/pengukuran dari Laboratorium SNSU BSN dalam bentuk tercetak hanya bersifat salinan sedangkan dokumen yang asli adalah yang berbentuk elektronik dengan ciri-ciri seperti diuraikan di atas. Jika terdapat perbedaan isi antara salinan sertifikat (baik dalam bentuk elektronik maupun tercetak) dengan sertifikat asli yang diunduh dari situs web BSN, maka yang menjadi acuan adalah sertifikat dari situs web BSN.

Keterangan lebih lanjut mengenai hal ini dapat ditanyakan kepada Tim Sparta (Sentra Pelayanan Metrologi Terpadu) melalui telepon 021-7560534, 021-7560571, ponsel +62-857-8085-7833, atau email nmi@bsn.go.id

 

Maklumat Sertifikat Kalibrasi dan Pengukuran Elektronik