Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ASTRO-BIKE, Mengayuh Kualitas dengan Penerapan SNI

  • Kamis, 07 Januari 2021
  • Humas BSN
  • 339 kali

Ingin bersepeda tapi takut kelelahan? Ya, Anda bisa merasakannya di zaman yang sudah maju ini. Perkembangan teknologi selalu dimaksudkan untuk membantu pekerjaan manusia, termasuk dalam bidang transportasi, salah satunya adalah produk dari UMKM binaan Badan Standardisasi Nasional (BSN) yaitu PT. Astro Teknologi Internasional atau Astro-bike.

“Awalnya target kami merupakan menengah kebawah namun di tahun 2019 kami ingin merubah target kami untuk mengedepankan kualitas. Dengan adanya sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) kami ingin membuktikan bahwa Astro-bike benar-benar fokus terhadap kualitas,” ujar Syahrul Awaludin S selaku Wakil CEO PT Astro Teknologi Internasional atau Astro-Bike saat dikunjungi oleh Tim BSN di Yogyakarta pada Selasa (29/12/2020).

Astro-bike merupakan salah satu UMKM yang bergabung dalam Inkubator bisnis Universitas Negeri Yogyakarta. Astro-bike memproduksi alat tambahan yang memungkinkan sepeda konvensional menjadi sepeda listrik. Jadi bagi anda yang memiliki sepeda konvensional, produk Astro-bike ini dapat mengubah sepeda anda menjadi sepeda listrik.

Dari segi kualitas, Astro-bike sangat mengedepankan mutu setiap produknya. Hal tersebut dibuktikan dengan komitmen mereka untuk menerapkan beberapa SNI seperti SNI ISO 9001:2015 dan SNI 8613:2018. SNI ISO 9001:2015 merupakan standar mengenai Sistem manajemen mutu, sementara SNI 8613:2018 merupakan standar moped dan sepeda motor berpenggerak listrik.

Pembimbingan penerapan SNI pada Astro-bike telah dilaksanakan sejak tahun 2018, Syahrul mengakui bahwa program dari BSN tersebut sangat membantunya. “Tanpa pendampingan dari BSN kita tidak akan bisa, karena BSN mendampingi dari awal. Mulai Pembuatan dokumen sampai bagaimana cara terbaik dalam memperbaiki proses produksinya bagaimana, memperbaiki marketnya bagaimana supaya cocok dengan SNI itu benar-benar didampingi” ujarnya.

Manfaat pembimbingan penerapan SNI pun mulai dirasakan oleh Astro-bike. Salah satunya adalah peningkatan penjualan dua kali lipat di setiap bulannya. Serta, mengubah proses produksi menjadi lebih rapi dan tertata dibandingkan sebelumnya.

UMKM yang berlokasi di Yogyakarta ini menjadi salah satu bukti penerapan SNI dapat memberikan dampak baik bagi para pelaku usaha. Komitmen Astro-bike dalam menerapkan SNI dan mengedepankan mutu patut menjadi contoh bagi UMKM untuk tetap “Bangga Memakai SNI”.(PRG-Disem)