Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Acara Puncak TOP DIGITAL Awards 2020 Digelar: “Digital Tranformation for New Normal Era Solution”

  • Rabu, 23 Desember 2020
  • Humas BSN
  • 524 kali

Acara puncak kegiatan TOP DIGITAL Awards 2020 digelar di Dian Ballroom, Raffles Hotel Jakarta hari ini dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Sejumlah Pimpinan Kementerian, Lembaga/Badan, Gubernur, Walikota, Bupati, CEO serta IT Manager dari berbagai perusahaan hadir dalam acara ini untuk menerima penghargaan.

Sejumlah Instansi Pemerintah, Lembaga/Badan dan Korporasi meraih penghargaan bergengsi di antaranya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan RI, PPDPP Kementerian PUPR RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, Kementerian Sosial (Kemensos) RI, dan PT Sasa Inti.

Juga termasuk peraih penghargaan TOP DIGITAL Awards 2020 yaitu Bank Tabungan Negara, Bank Syariah Mandiri (BSM) , Bank Jatim, BCA, PT Taspen, Pemerintah Kota Tangerang, Kabupaten Pasuruan, Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Propertindo (Perseroda), PDAM Intan Banjar, PT Hakaaston, PT Wijaya Karya, PT Pertamina, PT Petrokimia Gresik, Pegadaian, Jasa Raharja, Telkomsel, Telkomsigma, Telkom Indonesia, Fortinet, Badan Standardisasi Nasional (BSN), dan lain-lain.

Dalam acara penganugerahan TOP DIGITAL Awards 2020 ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jhonny G. Plate memberikan keynote speech “Teknologi Digital, Kunci Kebangkitan Bangsa Indonesia di Era Kenormalan Baru” yang disampaikan secara virtual.

Menteri Jhonny menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan. Menurutnya, kegiatan TOP DIGITAL Awards 2020 juga sejalan dengan komitmen dan upaya pemerintah untuk mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan akselerasi transformasi digital, di antaranya melalui peningkatan infrastruktur digital, terutama sarana prasarana telekomunikasi dan internet, termasuk di daerah 3T. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong pengembangan ekonomi digital,” ujarnya.

Menteri Jhonny juga menjelaskan Kementerian Kominfo telah menerapkan penggunaan TIK dalam penangangan Pandemi Covid-19, antara lain: Aplikasi PeduliLindungi; Chatbot, Call Center, Website, dan Aplikasi #BersatuLawanCOVID19; Dashboard KPCPEN; Infrastruktur Digital Fasyankes.

Award TI TELCO/Teknologi Digital Terbesar di Indonesia

TOP DIGITAL Awards merupakan penghargaan bidang TI TELCO/ Teknologi Digital yang terbesar di Indonesia. Tahun ini, penilaian TOP DIGITAL Awards melibatkan lebih dari 800 perusahaan dan instansi pemerintahan.

Kemudian, berdasarkan rekomendasi yang dihasilkan dari Focus Group Discsussion oleh para pakar, konsultan, dan asosiasi  TI TELCO ditetapkan 200 Finalis/Kandidat Pemenang.

Selanjutnya, para finalis diminta untuk mengisi kuesioner tentang keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dan diundang untuk mengikuti Wawancara Penjurian. Dari 200 Finalis, sebanyak 160 Finalis yang mengikuti tahapan penilaian secara lengkap, termasuk mengikuti Wawancara Penjurian yang dilakukan melalui video conference yang berasal dari berbagai perusahaan, institusi, termasuk Kementerian, Lembaga pemerintah.

Jumlah peserta yang menjadi Finalis atas inovasi digital tahun ini terjadi peningkatan sebesar 25 persen dari tahun 2019 yaitu sebanyak 128 Finalis.

Tren Digitalisasi Meningkat

Di tengah pandemi Covid-19, digitalisasi dan penggunaan internet meningkat pesat di kalangan masyarakat sebagai solusi untuk menunjang aktivitas mereka agar bisa tetap produktif di tengah keterbatasan akibat pandemi ini. Mulai aktivitas belanja melalui e-commerce atau toko onlineWork From Home (WFH),  virtual meeting, dan aktivitas lain melalui perangkat digital.

Memasuki era kenormalan baru (the new normal era), Pemerintah juga mendorong akselarasi transformasi digital di berbagai kalangan, organisasi dan institusi sebagai solusi di era adaptasi kehidupan baru ini untuk mendukung berbagai layanan masyarakat.

Tren meningkatnya transformasi digital saat ini, mendorong PT Madani Solusi Internasional (MSI), sebagai penerbit Majalah It Works dan pengelola portal berita itworkd.id untuk menyelenggarakan “TOP DIGITAL Awards 2020” yang merupakan penyempurnaan kegiatan award TOP TI & TELCO sebelumnya yang sudah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2014 dan menjadi TOP DIGITAL Awards sejak tahun lalu.

Dalam laporannya, Prof. Dr-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., atau yang akrab dipanggil Prof. Muli, Ketua Dewan Juri TOP DIGITAL Awards 2020 mengatakan, “Kegiatan TOP DIGITAL Awards 2020 ini diselenggarakan bekerjasama dengan sejumlah asosiasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan konsultan TI independen.”

“Kegiatan ini merupakan rating atau penilaian tahunan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan, organisasi atau institusi yang dinilai berhasil dalam hal inovasi, implementasi IT dan Telco atau teknologi digital, baik di sistem menajemen maupun dalam kaitan layanan pelanggan atau masyarakat.”

“Metode penilaian Top Digital Awards 2020 menggunakan 3 metode, yakni melalui kuesioner & wawancara penjurian, rekomendasi user atau masyarakat, serta melalui market research.”

“Tahun ini mengusung tema “Top Digital Innovation & Implementation in New Normal”. Artinya, dengan terus melakukan inovasi dan transformasi digital, diharapkan bisa menjadi solusi sekaligus peningkatan daya saing (competitiveness) di era adaptasi kenormalan baru ini (the new normal era),” tutup Prof. Muli.

 

Tautan Berita: Acara Puncak TOP DIGITAL Awards 2020 Digelar: “Digital Tranformation for New Normal Era Solution”