Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Refleksi SNSU di Tahun 2020

  • Jumat, 18 Desember 2020
  • Humas BSN
  • 835 kali

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dilakukan selama satu tahun. Di tahun 2020 ini telah banyak capaian dan tugas yang diselesaikan oleh Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN. Untuk itu, SNSU BSN menggelar Refleksi Standar Nasional Satuan Ukuran Tahun 2020 pada Jumat (18/12/2020) di Gedung Laboratorium SNSU BSN, Serpong, Tangerang Selatan.

Deputi Bidang SNSU BSN, Hastori menyampaikan, refleksi ini kegiatan yang penting dalam rangka perbaikan layanan kepada masyarakat, dimana SNSU sebagai unit kerja di BSN menginginkan agar layanan semakin lama semakin baik.

Sementara itu, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyebutkan bahwa peranan SNSU sangatlah penting. "Standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) tanpa adanya SNSU tidak akan bisa berjalan. Peran SNSU tidak hanya untuk memajukan BSN, tetapi juga untuk Indonesia secara keseluruhan," ungkap Kukuh.

Untuk kedepannya, Kukuh berharap pengelolaan SNSU harus lebih kuat. Untuk memperkuat SNSU juga telah dibangun laboratorium baru sebagai perwujudan dari cita-cita untuk memiliki SNSU untuk besaran yang lain yang sekarang diperlukan di Indonesia, terutama untuk kimia dan biologi.

Adapun capaian yang telah diraih oleh SNSU selama 2020 diantaranya Laboratorium SNSU telah menerbitkan 1071 sertifikat kalibrasi, menyusun dokumen kebijakan pengelolaan SNSU berupa 9 pedoman kalibrasi, peluncuran SPARTA, hingga mendapatkan pengakuan internasional dan juga terlibat dalam forum metrologi internasional. Hal ini dipaparkan oleh Direktur SNSU Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN, Agustinus Praba Drijarkara

Pada kegiatan yang dihadiri oleh para pegawai di lingkungan SNSU BSN ini juga sekaligus menjadi momen pelepasan pegawai purnabakti dari SNSU BSN dan juga memberikan penghargaan kepada unit kerja dan personel di SNSU atas berbagai prestasi yang telah diraih.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: Refleksi SNSU di Tahun 2020