Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Sumsel Raih Standar Internasional Anti Penyuapan

  • Senin, 30 November 2020
  • 2212 kali

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil meraih sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001 : 2016 yang merupakan adopsi standar internasional (ISO).


Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Sumsel Kemas Ahmad Syukri, Apt, MPH saat ditemui di kantornya mengatakan, penerapan dan sertifikasi SMAP ini sebagai upaya sungguh-sungguh Laboratorium dalam memberikan pelayanan yang bersih, bebas pungli dan suap dengan tetap menjaga kepuasan pelanggan.


UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel memberikan pelayanan kepada sekitar 210 pelanggan dari perusahaan maupun masyarakat di bidang pengujian parameter kualitas lingkungan, yaitu Kualitas Air, Kualitas Udara dan Tanah.


"Pelanggan kami mayoritas dari perusahaan manufaktur, hotel, pertambangan, migas dan perkebunan yang ingin mendapatkan hasil pengujian parameter kualitas lingkungan sebagai pembuktian atas pemenuhan peraturan pemerintah di bidang lingkungan. Hasil pengujian yang kami terbitkan ibaratnya "hakim pertama" di lapangan yang membuktikan aktivitas perusahaan tidak mencemari atau merusak lingkungan," kata Kemas Ahmad Sukri, Senin (30/11/2020).


Menurutnya, ada dua aspek kritis atau tuntutan utama atas layanan yang ada di sini yakni pengujian yang independen, profesional, tidak memihak dan tetap menjaga kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan.


Untuk itu selain, mendapat akreditasi standar internasional SNI ISO/IEC 17025 sejak tahun 2004 untuk kompetensi laboratorium penguji oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan mendapat Rekomendasli sebagai Laboratorium Lingkungan oleh Kementerian LHK, serta UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel juga meraih sertifikasi SNI ISO 37001 yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Mutu Hijau Indonesia yang terakreditasi KAN.


Dalam proses penerapan dan sertifikasi SMAP ini, UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel didampingi oleh Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wilayah Sumsel.


"Dengan sertifikasi SMAP ini diharapkan UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel dapat istiqomah di jalan pelayanan publik yang profesional, transfaran, akuntabel, independen, bersih dan bebas suap atau pungli, sehingga dapat mendorong sektor pelayanan publik di Provinsi Sumsel untuk menerapkan SNI ISO 37001," katanya.


Sementara itu Kepala Kantor Layanan Teknis (KLT-BSN) Palembang Nursidik Fadillah, S.Sos, MM mengatakan UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel, merupakan UPTD yang pertama mendapatkan SMAP SNI ISO 37001 : 2016.


"Di Sumsel baru UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel inilah yang menerapkan SMAP," kata Nursidik Fadillah atau yang sering disapa Fadil.


Fadil mengatakan, ia berharap UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel ini bisa menjadi mentor atau motivasi buat UPTD yang lain, untuk menerapkan SMAP khusus nya di Sumsel.


"Pada dasarnya kami sangat senang atas pencapaian UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumsel. Harapanya bisa lebih baik lagi kerjasama kedepannya," kata Fadil.

 

Link: UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Sumsel Raih Standar Internasional Anti Penyuapan - Tribun Sumsel (tribunnews.com)