Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

WEBINAR DAN PELATIHAN SNI ISO 9001:2015

  • Selasa, 17 November 2020
  • dedi dedi
  • 746 kali

WEBINAR DAN PELATIHAN SNI ISO 9001:2015

 

Sebagai tindaklanjut kerjasama di bidang Pendidikan Standardisasi, BSN, UNSRI dan Himpunan Mahasiswa Kimia angkatan X (HIMAKI X) menyelenggarakan webinar dan Pelatihan SNI ISO 9001:2015 bagi mahasiswa Jurusan kimia, dari seluruh Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan, Jabodetabek dan Papua pada hari Sabtu, tanggal 14 November 2020.

 

 

 

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian - BSN, Heru Suseno, yang menyampaikan adanya peluang mahasiswa untuk bisa magang di BSN khususnya di KLT-BSN Palembang untuk membina UKM dan melakukan tugas akhir bidang Standardisasi, dalam sambutan berikutnya yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Si, selaku Dekan FMIPA UNSRI, menyambut baik adanya peluang untuk magang dan mengambil tugas akhir bidang Standardisasi dan Penilaian kesesuaian dikaitkan dengan Kampus Merdeka dimana diberikan 20 SKS kepada Mahasiswa untuk merdeka belajar diluar kampus dengan bimbingan dan arahan dosen tentunya. 

Tujuan pengenalan standar SNI ISO 9001:2015 adalah untuk menambah wawasan mahasiswa tentang standar Internasional yang telah diterapkan oleh sekitar 170 negara dan telah diterbitkan lebih dari 1,1 juta sertifikat di dunia. Standar terpopuler ini telah diadopsi secara identik menjadi Standar Nasional Indonesia. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan sesuai dengan tema Bulan Mutu Nasional tahun 2020, "Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian untuk Hidup Sehat dan Produktif".

Pembicara pada webinar kali ini menampilkan Fansuri, yang di moderatori oleh Dr. SUheryanto. Pada kesempatan tersebut, diperkenalkan 7 klausul yang menjadi persyaratan dalam standar tsb,  dan contoh-contoh penerapannya yang umum dijumpai dikehidupan sehari-hari maupun dunia pendidikan. Selain itu diperkenalkan juga salah satu cara memahami konteks organisasi melalui analisis SWOT.

 

Disampaikan juga perubahan utama sebagai peningkatan dari hasil revisi standar sistem manajemen mutu versi 2008, al : Risk based thinking (perusahaan atau organisasi harus melakukan mengelola risiko sehingga di ISO 9001:2015 tidak ada lagi klausul tentang preventive action). Hal baru lainnya yang masuk dalam ISO 9001:2015, yaitu penekanan pada interested parties, selain pelanggan itu sendiri yang menjadi focus bagi organisasi penerap SMM.

 

 

 

 

Webinar dan Pelatihan SNI ISO 9001:2015 ini diikuti oleh kurang lebih 191 Peserta dari mahasiswa Jurusan Kimia dari Universitas UNSRI, Universitas Musi Charitas, UIN Raden Fatah, dll. (KLT-BSN Palembang)