Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kembangkan Usaha Kecil dan Menengah melalui Diklat Kewirausahaan

  • Kamis, 01 Oktober 2020
  • KLT BSN Riau
  • 375 kali

RIAU – Dalam rangka diseminasi dan peningkatan kesadaran masyarakat, khususnya para pelaku usaha terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK), Badan Standardisasi Nasional melalui Kantor Layanan Teknis BSN Riau memberikan capacity building kepada pelaku usaha melalui Diklat Kewirausahaan yang diadakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM Provinsi Riau. Diklat yang dilaksanakan dari tanggal 28 September 2020 sampai 2 Oktober 2020 di Bengkalis Provinsi Riau ini dihadiri oleh kurang lebih 50 pelaku usaha dari Kabupaten Bengkalis dan dibagi menjadi 2 kelas secara paralel. Peserta didominasi oleh UKM dari bidang jasa seperti binatu, katering dan bengkel serta apa pula dari UKM produk pangan seperti dodol, keripik, roti kukus, bakso ikan dan produk non-pangan seperti kerajinan tangan, masker, dan lain sebagainya.

 

Sebagai instruktur terkait SPK dari BSN, Daya Aruna menyampaikan penerapan dan manfaat SNI kepada UKM bahwa SNI ini ditujukan untuk menjamin mutu produk, menambah nilai produk, dan memperluas akses pasar. Tidak hanya menyampaikan materinya dalam satu arah, Daya pun sesekali melempar pertanyaan kepada peserta supaya mereka tetap aktif dalam pelatihan. Agar lebih mudah dipahami, Daya memberikan materi dengan mengambil contoh-contoh praktis dari pelaku usaha itu sendiri, seperti berkaitan untuk menjaga mutu produk mereka dengan cara bagaimana menetapkan sasaran mutu yang SMART : spesifik,terukur, relevan, dapat dicapai, dan memiliki jangka waktu.

Selain pelatihan terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian, peserta juga mendapatkan pelatihan terkait pemetaan dan pengembangan usaha di masa pandemi, legalitas usaha, pemasaran digital, akses pembiayaan, inovasi dan branding produk.

Berlangsung selama 5 hari, peserta juga mendapatkan manfaat dari pemateri dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM) Provinsi Riau, UPT Industri Pangan Olahan dan Kemasan (IPOK) Provinsi Riau, Jamkrida Provinsi Riau, Bank Riau Kabupaten Bengkalis, dan STIE Persada Bunda Provinsi Riau. (KLTRiau)