Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Siap Terbitkan Standar Pelaksanaan GRC

  • Kamis, 17 September 2020
  • Humas BSN
  • 193 kali

Jakarta, TopBusiness – Badan Standardisasi Nasional (BSN) siap menerbitkan standar-standar yang berkaitan dengan implementasi good governance, risk management & compliance (GRC) baik di lingkup perusahaan maupun pemerintahan. Standardisasi itu dibutuhkan agar pelaksanaan GRC di Indonesia bisa berjalan efektif.

 

Kepala BSN Kukuh S Ahmad menjelaskan, BSN selama ini sebenarnya sudah menerapkan standar lingkup manajemen risiko dan manajemen kepatuhan. Ada enam SNI yang telah diterbitkan terkait pelaksanaan manajemen risiko yang mengacu pada standar ISO. “Beberapa dalam proses revisi dan adopsi untuk menjadi SNI,” kata Kukuh dalam keynote speech acara GRC Summit 2020 yang dilakukan secara daring, Kamis (17/9/2020).

 

Untuk yang terkait kepatuhan, menurut Kukuh, ada dua standar yang telah diterbitkan yakni SNI ISO 19600:2014 tentang Sistem manajemen kepatuhan dan SNI ISO 37001:2016 tentang  Sistem manajemen anti penyuapan.

 

“Ini yang sekarang sedang giat dikampanyekan untuk diterapkan terutama di BUMN yang saya lihat memang diwajibkan oleh menteri BUMN,” ujar Kukuh.

 

Dia menyatakan, BSN terbuka terhadap publik untuk memberikan saran jika dalam penerapan standar SNI ada yang dirasa memerlukan perbaikan, peningkatan ataupun penyempurnaan.

 

Kukuh menyambut baik soal usulan dari peserta GRC Summit 2020 agar standar risk management bisa diintrodusir oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpa RB) untuk dijadikan panduan semua organisasi pemerintah terkait reformasi birokrasi.

 

Sementara itu, Ketua Steering Committee GRC Summit 2020 DR Antonius Alijoyo mengatakan, GRC Summit 2020 kali ini diikuti lebih dari 200 peserta dari kalangan praktisi atau profesional  baik swasta maupun publik yang  mewakili lebih dari 30 jenis industri.

 

“Ini merupkan indikator positif dari kepedulian kita sebagai komunitas  di Indonesia terhadap hal dan tema yang disajikan yaitu Integrated GRC Embracing Better New Normal. Jadi kita coba melihat GRC secara terpadu sehingga mampu dan siap saat kenormalan baru itu tiba,” ujar dia.

 

GRC Summit 2020 diselenggarakan oleh sejumlah lembaga seperti IRMAPA, KNKG, dan ICoPI. Selain itu didukung LPS MKS, CRMS, dan Majalah TopBusiness.

 

link: https://www.topbusiness.id/40711/bsn-siap-terbitkan-standar-pelaksanaan-grc.html