Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peningkatan Kompetensi Mahasiswa/i UIN Raden Fattah dalam pengelolaan Laboratorium

  • Jumat, 11 September 2020
  • dedi dedi
  • 1314 kali

KLT - BSN Palembang bekerja sama dengan UIN Raden Fatah Palembang Pada tanggal 2 dan 3 September 2020 berkolaborasi untuk melaksanakan webinar Pengenalan SNI ISO/IEC 17025:2017; Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi (ISO/IEC 17025:2017, IDT) dan SNI ISO 35001:2019; Sistem manajemen biorisiko laboratorium dan organisasi terkait lainnya (ISO 35001:2019, IDT). Tujuan  salah satu nya adalah memberikan pembekalan kepada para mahasiswa/i UIN Raden Fatah Jurusan Kimia dan Biologi Fakultas Saintek tentang bagaimana mengelola dan bekerja di Laboratorium sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

 

Webinar ini diawali dengan sambutan dari BSN yang diwakili oleh Direktur Penguatan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Heru Suseno. Dalam kesempatan tersebut Beliau menyampaikan peran Standar dan Penilaian Kesesuaian sebagai alat Perdagangan dimana standar menjadi alat untuk menembus pasar global dan Penilaian kesesuaian menjadi infrastruktur mutu dimana Laboratorium berada didalam nya. Dengan dukungan SDM yang memahami standar dan memiliki kompetensi yang baik maka diharapkan Laboratorium akan mampu menjamin mutu sebuah produk. BSN sangat menyambut kerja sama dengan UIN Raden Fatah agar dapat menghasilkan lulusan yang memahami standar terkait laboratorium ini.

 

Selanjutnya sambutan sekaligus membuka acara yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah, Dr. Munir, M.Ag. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya webinar pelatihan tersebut, mengingat mahasiswa lulusan Fakultas UIN Raden Fatah Palembang membutuhkan pengetahuan dan juga pembuktian berupa Sertifikat Pendamping Ijazah pada masa kelulusannya sebagai bukti kompetensi yang sesuai dengan bidang yang dipelajari para mahasiswa/i selama belajar di UIN Raden Fatah Palembang.


Pemateri dalam webinar ini yaitu Dr. Suheryanto, selaku Kepala Laboratorium Pengujian Terpadu FMIPA-UNSRI, menyampaikan manajemen lab. dan SNI ISO/IEC 17025:2017 dan Aroem Naroeni,DEA,PhD selaku Peneliti di Pusat Riset berbasis Layanan Kesehatan Virologi dan Kanker Patobiologi (PRVKP) FKUI – RSCM, Moderator: Nursidik Fadillah, S.Sos, MM (Kepala KLT-BSN Palembang).

 

Webinar ini diikuti oleh sekitar 129  peserta berasal dari unsur civitas akademisi di UIN Raden Fatah Palembang (Dosen dan Mahasiswa), khususnya dari Program Studi Biologi dan Program Studi Kimia.

KLT-BSN PLM