Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Unit Layanan Informasi Publik (ULIP)

  • Jumat, 04 September 2020
  • P N
  • 348 kali

UNIT LAYANAN INFORMASI PUBLIK

BADAN STANDARDISASI NASIONAL

 

 

A. TENTANG ULIP

 

Unit Layanan Informasi Publik Badan Standardisasi Nasional (ULIP BSN) merupakan unit kerja non struktural yang melakukan kegiatan penyelengaraan pelayanan publik di lingkungan BSN. Tugas ULIP merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mempunyai tanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat atau badan hukum.

BSN mengeluarkan Keputusan Kepala Badan Standardisasi Nasional Nomor 338/KEP/BSN/8/2020 tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Petugas Informasi di lingkungan Badan Standardisasi Nasional. Selain itu, dalam rangka menyelenggarakan pelayanan publik yang baik dan optimal, BSN menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa pusat layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan petugas pelaksana layanan informasi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.

        

VISI :

 

Terciptanya layanan informasi standardisasi yang cepat, tepat dan transparan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku

 

MISI :

 

  1. Meningkatkan sistem layanan informasi publik
  2. Membangun kualitas layanan publik sesuai dengan norma yang berlaku
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan informasi publik

 

MOTTO:

 

SIMPATIK (Sederhana, Informatif, Mudah, Profesional, Akuntabel, Transparan, Ikhlas)

 

FILOSOFI

 

Sederhana

Prosedur permohonan informasi sederhana

Informatif

Informasi yang diberikan merupakan sesuatu yang patut diketahui masyarakat

Mudah

Publik dapat memperoleh informasi secara mudah sesuai dengan prosedur yang berlaku

Profesional

Pelayan Informasi melayani dengan professional

Akuntabel

Informasi yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan

Transparan

Layanan informasi publik bersifat terbuka, mudah dan

dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan

Ikhlas

Melayani dengan setulus hati

 

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

 

PERATURAN MENGENAI KETERBUKAAN INFORMASI

PUBLIK

RANCANGAN PERATURAN MENGENAI KETERBUKAAN

INFORMASI PUBLIK

 

 

B. LAYANAN INFORMASI TERPADU

Kegiatan pelayanan informasi publik BSN bertempat di LITe.

LITe berlokasi di Gedung I BPPT, Jakarta Lantai 1 dan berisikan berbagai fasilitas layanan informasi yaitu:

  1. Layanan SNSU, terdiri dari layanan Kalibrasi dan Pengukuran
  2. Layanan Akreditasi Lembaga dan Penilaian Kesesuaian
  3. Layanan Pelatihan Standardisasi, terdiri dari Pelatihan Standardisasi dan Pendidikan dan Pelatihan Standardisasi
  4. Layanan issuer Identification Number (IIN),
  5. Layanan Perpustakaan, terdiri dari Perpustakaan dan Jasa Informasi Standardisasi
  6. Konsultasi di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
  7. Pencarian Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
  8. E-learning
  9. Layanan Informasi Publik tentang Kelembagaan BSN;
  10. Publikasi Ilmiah, terdiri dari Jurnal Instrumentasi dan Jurnal Standardisasi

 

Gedung I BPPT Jl. M.H.Thamrin No. 8

Kebon Sirih, Jakarta Pusat 10340

Telp : (021) 3927 422 ext. 233, 234, 235

 Konsultasi ext.236

  Fax :  (021) 3927 527

Hotline Layanan : (021) 3917 300

WhatsApp Layanan Informasi 0813 1776 112

Email : bsn@bsn.go.id, dokinfo@bsn.go.id

 

JAM OPERASIONAL LITe

Senin –Kamis : 08.30 – 15.00

Jum’at 08.30 – 15.30

  

 

C. NILAI-NILAI DASAR PETUGAS LAYANAN

INFORMASI PUBLIK

 

Petugas Layanan Informasi Publik sebaiknya mempunyai sikap dan perilaku sebagai berikut :

  1. Sopan, ramah dan rapi;
  2. Jujur, yaitu dapat dipercaya dalam perkataan dan tindakan;
  3. Impartialitas, tidak memihak/tidak mebeda-bedakan kepada siapapun yang meminta informasi;
  4. Integritas, yaitu memiliki sikap dan tingkah laku yang bermartabat dan bertanggungjawab;
  5. Profesional, yaitu melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan atau kehalian serta mencegah terjadinya benturan kepentingan dalam pelaksanaan tugas; dan
  6. Ikhlas, yaitu melakukan pekerjaan dengan setulus hati.

 

D. KOMPETENSI PETUGAS LAYANAN

INFORMASI PUBLIK

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama (PPID Utama) dalam melaksanakan pelayanan informasi publik kepada pemohon/pengguna informasi publik dibantu oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID Pelaksana) Biro/Pusat/Direktorat dan Petugas Informasi. Untuk petugas pada pusat layanan informasi publik memiliki kompetensi seperti pengetahuan mengenai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan keterbukaan informasi publik dan pelayanan publik, ketrampilan dan sikap dalam berkomunikasi, sehingga dapat menunjang dalam melaksanakan tugas pelayanan informasi.

 

E. MAKLUMAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

 

 

 

F. ALUR PERMOHONAN INFORMASI SPK

 

 

 

 G. PELAYANANAN ULIP

 

 PEDOMAN LAYANAN

  1. Prosedur Pengelolaan Layanan Informasi
  2. Alur Permohonan Informasi SPK
  3. Alur Pengajuan Penyelesaian Sengketa Informasi
  4. Formulir Permohonan Informasi
  5. Formulir Pernyataan Keberatan

 Jenis – jenis Informasi

Berkala

Serta Merta

Setiap Saat

Dikecualikan

 

Register Permohonan Informasi Publik

Register Permohonan Informasi Publik ULIP 2018

- Register Permohonan Informasi Publik ULIP 2017

Register Permohonan Informasi Publik ULIP 2016

Register Permohonan Informasi Publik ULIP 2015

Register Permohonan Informasi Publik ULIP 2014

Register Permohonan Informasi Publik ULIP 2013

 

JANGKA WAKTU LAYANAN

  1. Proses layanan untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan
  2. Proses layanan dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID Utama) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak dan PPID Utama dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari berikutnya melalui pemberitahuan alasan secara tertulis.
    3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi publik dilakukan secara langsung, melalui email, fax ataupun jasa pos.

 

  • BIAYA/TARIF 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya), sedangkan jika dibutuhkan penggandaan dokumen informasi, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan/fotocopy di sekitar lingkungan Badan Standardisasi Nasional atas biaya pemohon/pengguna.

 

H. INFORMASI BADAN STANDARDISASI

NASIONAL

 

  • INFORMASI TERKAIT LAYANAN PUBLIK

PROGRAM/KEGIATAN BSN TAHUN 2016

PROGRAM/KEGIATAN BSN TAHUN 2017

PROGRAM/KEGIATAN BSN TAHUN 2018

PROGRAM/KEGIATAN BSN TAHUN 2019

https://www.bsn.go.id/main/berita/agenda/2019/0

 PROGRAM/KEGIATAN BSN TAHUN 2020 https://www.bsn.go.id/main/berita/detail/10895/agenda-kegiatan-bsn-2020

 

  • INFORMASI TERKAIT KERJASAMA BSN DENGAN STAKEHOLDER

KERJASAMA DALAM NEGERI https://sijamas.bsn.go.id/kategori-kerjasama/dalam-negeri

KERJASAMA LUAR NEGERI https://sijamas.bsn.go.id/kategori-kerjasama/luar-negeri

 

I. LAPORAN OPERASIONAL LAYANAN

INFORMASI PUBLIK

 

Pengelolaan hasil penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan melalui pembuatan laporan.

Layanan Informasi Publik paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun pelaksanaan anggaran berakhir  yang disampaikan kepada Komisi Informasi Pusat yang memuat gambaran umum kebijakan, 
pelaksanaan Layanan Informasi Publik, rincian layanan, serta rincian penyelesaian sengketa Informasi Publik.

 

J. RINGKASAN LAPORAN AKSES INFORMASI

 

K. LAPORAN KEPUASAN PELAYANAN

INFORMASI PUBLIK BSN

 

 LAPORAN HASIL KEPUASAN LAYANAN BSN  TAHUN 2017

 LAPORAN HASIL KEPUASAN LAYANAN BSN  TAHUN 2018

https://perpustakaan.bsn.go.id/index.php?p=fstream&fid=557&bid=15164&fname=f2fbe84f9bec05c86f00fde3acfaaf57.pdf

 LAPORAN HASIL KEPUASAN LAYANAN BSN  TAHUN 2019

https://perpustakaan.bsn.go.id/index.php?p=fstream&fid=604&bid=15255&fname=85db7bf658183630721a9f9370f7a1d7.pdf