Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perlu Standardisasi Keamanan dan Kenyamanan masker

  • Kamis, 27 Agustus 2020
  • 1108 kali

Perlu Standardisasi Keamanan dan Kenyamanan masker

 

JAKARTA - Pada masa pandemi Covid-19 masker menjadi salah satu peralatan pencegahan paling utama. Untuk itu, standardisasi terhadap produk masker sangat dibutuhkan mengingat saat ini jenis masker sudah beragam bentuk dan jenis.

"Dari sekian banyak ragam masker, kita tidak tahu mana yang betul-betul bisa memberi rasa nyaman kepada kita." kata Sekretaris Utama Badan Standarisasi Nasional, Puji Winami, dalam webinar dengan tema masker Medis dalam Perspektif Standar dan Regulasi, di Jakarta. Rabu (26/8).

Puji menjelaskan sudah ada standar intetrnasional yang mengatur terkait masker. Adapun pihaknya juga membuat standar masker dari berbagai macam dan bentuk masker yang dikembangkan di Indonesia. "Kita bisa memberikan paling tidak panduan untuk masyarakat terutama produsen terkait standar yang harus dipenuhi agar masyarakat aman memakainya," jelasnya.

Bentuk Pelayanan Puji menjelaskan standardisasi produk ajat kesehatan termasuk masker merupakan bentuk pelayanan ke warga. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam membuat standar bagi tiap produk kesehatan. Adaupun untuk jenis-jenis standardisasi masker yaitu SNI 84882018 dan SNI EN 14683:20i9+AC:2019untukmas-ker medis. Untuk masker tekstil kain yaitu RSN189142020.

"Ini juga bagian dari memberi perlindungan yang lebih baik lagi kepada kesehatan masyarakat, keluarga, dan itu bisa diwujudkan melalui standardisasi produk-produk kesehatan." ucapnya. Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia. Kesehatan, dan Halal. BSN, Wahyu Purbowasito menjelaskan selain menentukan standardisasi, pihaknya juga menetapkan klasifikasi untuk memudahkan penggunaan masker. Dalam penetapan klasifikasi tersebut pihaknya tidak hanya menggunakan satu standar untuk satu produk. ■ ruf/N-3

 

Sumber Berita: Koran Jakarta, 27 Agustus 2020, Hal. 2