Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kantor Layanan Teknis BSN Sulsel Gandeng BAPEDDA Kota Makassar Sosialisasikan SNI ISO 9001:2015 Pada OPD Pemkot Makassar

  • Selasa, 25 Agustus 2020
  • 3421 kali

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai penerapan standar khususnya standar sistem manajemen mutu yang berbasis SNI ISO 9001:2015 bagi organisasi perangkat daerah di lingkungan Kota Makassar. Kantor Layanan Teknis BSN Sulawesi Selatan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Makassar mengadakan kegiatan knowledge sharing secara daring dengan mengundang berbagai OPD termasuk didalamnya dinas-dinas serta balai dan laboratorium di lingkungan Kota Makassar khususnya dan  Sulawesi Selatan pada umumnya, pada Selasa (25/08/2020). Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah diskusi dan untuk memberikan pemahaman bagi OPD dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu, yang diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan/ pengguna layanan.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 80 orang peserta, yang berasal dari berbagai dinas serta balai dan laboratorium di wilayah Kota Makassar dan Sulawesi Selatan. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Dr. Zakiyah, MM selaku Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa salah satu tugas negara diantaranya yaitu melayani masyarakat dalam hal pemenuhan hak dan kebutuhan dasarnya, membangun kepercayaan atas pelayanan publik yang dilakukan dan meningkatkan kualitas layanan. Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta turunannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012, Standar Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 juga memiliki fokus dalam kualitas layanan atau jasa yang diberikan penyelenggara pelayanan publik kepada pelanggan dalam hal ini warga atau masyarakat. Sesuai dengan model QMS (Quality Management System), konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) dilakukan organisasi untuk melakukan perencanaan serta menjalankan fungsi layanan dengan memperhatikan kualitas, menilai kualitas pelayanan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001, khususnya dalam penerapan di lingkungan Pemerintah Daerah secara rinci pedomannya dapat dilihat di ISO 18091:2014. Dimana standar ini bertujuan untuk membantu pemerintah mencapai misi sebagai penyedia produk/jasa atau penyelenggara pelayanan publik yang baik dengan dilakukannya diagnostik integral untuk memahami posisi organisasi dalam mendukung sektor pembangunan, ekonomi, sosial serta lingkungan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan keynote speech yang disampaikan oleh Ir. Muhammad Ansar, M.Si selaku Sekretaris Daerah Kota Makassar. Dalam paparannya beliau menyampaikan penerapan SNI ISO 9001:2015 di Pemerintah Kota mencakup layanan-layanan yang diberikan kepada masyarakat atau yang biasa disebut layanan publik. Beliau juga menyampaikan penerapan SNI ISO 9001 yang sudah dilakukan dirasakan sekali manfaatnya bagi instansi pemerintah Kota Makassar, beberapa bentuk penerapan manajemen mutu sudah dilakukan pemerintah di Kota Makassar. Termasuk hal penting didalamnya yaitu survey kepuasan masyarakat yang dilakukan untuk menilai sejauh mana masyarakat merasa terlayani dengan pelayanan publik yang telah dilakukan pemerintah kota. Disampaikan pula, penerapan manajemen mutu berimplikasi pada peningkatan kepercayaan masyarakat, image positif pemertintah, indeks daya saing daerah serta mutu dan kinerja OPD maupun ASN secara individu.

Selanjutnya paparan dari kedua narasumber, yang pertama yaitu Tegar Ega P., S.TP, M.Si selaku Kepala Seksi Fasilitasi Industri dan Organisasi Publik BSN yang dalam paparannya menyampaikan secara rinci perklausul bagaimana penerapan SNI ISO 9001:2015 dalam upaya pelayanan publik yang lebih baik.  Narasumber kedua yaitu Ismail Abdullah, S.STP selaku Sekretaris Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang telah menerapkan SNI ISO 9001:2015 di lingkungan organisasinya memaparkan manfaat yang dirasakan serta inovasi-inovasi yang dilakukan khususnya dalam pemberian layanan publik kepada masyarakat. Sejalan dengan Visi organisasinya yaitu terwujudnya pelayanan prima menuju Kecamatan Rappocini yang sejahtera dan nyaman untuk semua. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu langsung oleh Taufiq Hidayat Selaku Kepala Kantor Layanan Teknis Sulawesi Selatan dan penutupan yang disampaikan oleh Heru Suseno, SPi, MT selaku Direktur Penerapan Penguatan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN(Ketty_KLTUPG).