Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Jelaskan Beda Thermo Gun Klinik dan Industri: Cara Kerja-Keakuratan

  • Selasa, 21 Juli 2020
  • 7300 kali

 

Jakarta - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menjelaskan cara kerja dan perbedaan thermo gun. Ternyata thermo gun memiliki dua jenis, yaitu thermo gun klinis dan thermo gun industri. Yang mana yang lebih akurat dalam pengukuran suhu tubuh?

"Pada dasarnya, kedua termometer nonkontak ini memiliki prinsip yang sama, yaitu menangkap panas yang dipancarkan oleh objek ukur," kata Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia Badan Standardisasi Nasional (BSN) Ghufron Zaid dalam keterangannya, Selasa (21/7/2020).

Diketahui, thermo gun kerap kali ditemukan masyarakat pada masa pandemi COVID-19 sebagai alat pengukur suhu tubuh dengan metode nonkontak. Ghufron menerangkan, secara alami dan sesuai dengan hukum fisika, setiap benda, termasuk tubuh manusia, akan memancarkan panas.

Selain itu, thermo gun dikenal dengan nama infrared thermometer. Sebab, panas yang dideteksi oleh sensor tersebut berada pada panjang gelombang cahaya inframerah.

"Panas inilah yang kemudian ditangkap oleh sensor yang ada di dalam thermo gun tersebut," ujarnya Ghufron.

Ghufron menjelaskan perbedaan antara thermo gun klinis dan thermo gun industri adalah rentang ukur dan jarak ukurnya. Thermo gun klinis dinilai lebih akurat untuk mengukur suhu tubuh.

Thermo gun klinis mempunyai rentang ukur suhu 32-42 derajat Celsius dengan akurasi sampai 0,2 derajat Celsius. Sedangkan thermo gun industri mempunyai rentang ukur yang lebih besar, sampai 500 derajat Celsius atau lebih, dengan akurasi sampai 1,5 derajat Celsius.

Akan tetapi, supaya hasilnya akurat, jarak ukur thermo gun klinis tidak bisa terlalu jauh. Pada umumnya pabrikan memberikan informasi tersebut di dalam manualnya yang berkisar 1-10 cm. Sedangkan thermo gun industri dapat digunakan untuk mengukur suhu dari jarak jauh.

Namun penggunaannya berbeda. Thermo gun industri dapat digunakan untuk mengukur suhu benda yang sulit dijangkau tangan manusia seperti karena letaknya yang tinggi (misalnya trafo listrik) atau benda yang berbahaya untuk didekati karena suhunya sangat tinggi, misalnya pada proses peleburan logam. Untuk membantu mengarahkan thermo gun industri tepat ke titik pengukuran dengan lebih baik, pabrikan melengkapinya dengan laser.

"Jadi laser di sini hanya dipakai untuk membantu mengarahkan atau alignment saja, bukan untuk mengukur suhu benda yang diukur," ujarnya.

Tentu, sebagai alat ukur, thermo gun harus dipastikan kebenaran hasil pengukurannya. Sebab, hasil pengukuran tersebut akan digunakan oleh tenaga medis untuk mendiagnosis pasien. Kesalahan diagnosis dapat berakibat kesalahan treatment.

"BSN melalui SNSU menyediakan layanan kalibrasi yang tertelusur ke sistem internasional," terang Ghufron.

Untuk itu, Ghufron melanjutkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermo gun klinis sebagai salah satu rangkaian protokol kesehatan. Dia mengingatkan agar masyarakat menggunakan thermo gun jenis klinis untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih baik daripada thermo gun industri.

"Penggunaan thermo gun klinis secara benar tidak membahayakan pasien maupun petugas medis," ungkap Ghufron.

 

Tautan Berita: BSN Jelaskan Beda Thermo Gun Klinik dan Industri: Cara Kerja-Keakuratan

 

Link berita terkait : 

  1. https://rri.co.id/teknologi/871701/bsn-thermogun-klinik-aman-untuk-protokol-kesehatan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General Campaign
  2. https://fokusjabar.co.id/2020/07/21/thermogun-klinik-tidak-bahaya/
  3. http://5w1hindonesia.id/apa-perbedaan-thermogun-klinik-dan-thermogun-industri-ini-penjelasan-bsn/
  4. http://www.24berita.com/bisnis/ada-dua-jenis-thermo-gun-pengukur-suhu-apa-saja/343430-berita
  5. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/perbedaan-thermogun-klinik-dan-thermogun-industri-ini-penjelasan-bsn/
  6. http://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/469149/bsn-ini-perbedaan-thermogun-klinik-dan-industri
  7. https://menara62.com/ukur-suhu-tubuh-ternyata-tidak-bisa-sembarang-pilih-thermogun-yuk-kenali-jenisnya/
  8. https://menara62.com/ukur-suhu-tubuh-ternyata-tidak-bisa-sembarang-pilih-thermogun-yuk-kenali-jenisnya/
  9. http://technology-indonesia.com/kesehatan/alat-kesehatan/bsn-jelaskan-beda-thermogun-klinik-dan-industri/



­