Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gandeng UNITOMO Gelar Kuliah Umum Standardisasi

  • Sabtu, 16 Mei 2020
  • Humas BSN
  • 319 kali


Dalam meningkatkan pendidikan standardisasi di Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya menggelar kuliah umum standardisasi dan penilaian kesesuaian. (Sabtu, 16/05/2020)

 

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IV UNITOMO Meithiana Indrasari, sebagai narasumber Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Pelaku Usaha BSN Nur Hidayati, dan dipandu oleh Bambang Raditya Purnomo. Peserta yang mengikuti kuliah umum standardisasi tidak hanya dari kalangan UNITOMO tetapi beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang mencapai lebih dari 350 peserta.

 

Meithiana dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini dilakukan di tengah pandemik covid-19. Dalam kegiatan standardisasi khususnya penerapan sistem manajemen mutu, diharapkan kepuasan pelanggan tetap ditingkatkan. Selain itu, sistem manajemen mutu membuat perusahaan dapat melihat kondisi ini menjadi risiko dan peluang untuk melakukan peningkatan perbaikan. “Pemahaman akan penerapan sistem manajemen mutu sangat penting dilakukan ditengah kondisi global yang tidak pasti.” Ujar Meithiana

 

Dalam paparannya Nurhidayati menjelaskan, dalam tantangan di era globalisasi ini, peranan standardisasi dan penilaian kesesuaian sangat penting. Karena dapat membantu mengurangi produk dan jasa yang tidak sesuai dengan persyaratan peraturan dan pelanggan. Selain itu, standar dapat meningkatkan daya saing dan strategi memasuki pasar global. “Agar dapat berdaya saing di pasar internasional, penerapan standardisasi menjadi hal yang mendasar untuk diterapkan” ujar Nur.

 

Selain menjelaskan materi terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian. Nur menjabarkan penerapan SNI ISO 9001:2015 sistem manajemen mutu, SNI ISO 21001:2018 sistem manajemen untuk organisasi pendidikan, serta penerapannya pada organisasi/pelaku usaha. Dalam hal ini, Nur mengajak kepada seluruh pendidikan tingggi di Indonesia untuk belajar lebih mendalam mengenai standardisasi melalui e-learning BSN, yang dapat di akses melalui https://elearning.bsn.go.id. Diharapkan, kedepannya semakin banyak masyarakat memahami dan mengetahui tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian. (rmy/klt_jatim)