Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dukung Pemkot Kupang Menjadi Role Model Penerapan SNI di Indonesia Timur

  • Selasa, 10 Maret 2020
  • Humas BSN
  • 1488 kali

 

Senin (9/3), Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore, MM, MH menerima sertifikat Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2015 yang diserahkan oleh PT SUCOFINDO (Persero). Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Komersial 1 PT SUCOFINDO (Persero) Herliana Dewi kepada Walikota Kupang, disaksikan oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Kupang, antara lain, Pejabat Sekretaris Daerah, Ir. Elvianus Wairata, M.Si, para Asisten Sekretaris Daerah, para Staf Ahli Walikota Kupang dan para Pimpinan Perangkat Daerah serta para Camat dan Lurah se-Kota Kupang.

 

Hasil sertifikasi ini merupakan salah satu tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara BSN dan Pemerintah Kota Kupang yang telah ditandatangani tahun 2018 lalu, sejak saat itu BSN terus mendukung dengan melakukan pendampingan di beberapa OPD hingga akhirnya mendapatkan sertifikat SNI ISO 9001:2015 untuk 3 (tiga) OPD di lingkup pemerintah Kota Kupang, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, RSUD SK Lerik dan Sekretariat Daerah.

 

Walikota Kupang pada kesempatan tersebut menyatakan rasa terimakasih atas peran BSN yang terus menerus mendukung penerapan standar di Kota Kupang.  “Dengan adanya sertifikasi SNI ISO 9001:2015, menguatkan komitmen Pemerintahan Kota Kupang dalam memberikan pelayanan publik yang prima bagi kepuasan masyarakat Kota Kupang,” kata Jefri.

 

Selanjutnya walikota Kupang menjelaskan bahwa tahun ini akan kembali berencana memperluas penerapan SNI ISO 9001:2015 ini untuk 5 (lima) OPD lanjutan, hal ini juga dilakukan dengan penandatanganan komitmen dan perjanjian kerjasama dengan BSN untuk kembali melakukan pendampingan dan dukungan dalam penerapan standar ini lebih lanjut. OPD tersebut yakni Badan Kepegawaian Pendidikan danPelatihan Kota  Kupang, Dinas Perhubungan Kota Kupang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang, Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang dan PDAM Tirta  Bening Lontar.

 

Kepala BSN, Bambang Prasetya dalam sambutannya mengatakan Penerapan SNI ISO 9001:2015 dapat mendukung tercapainya efisiensi dan layanan bermutu prima, sehingga dapat mendukung Kota Kupang sebagai kota penghubung untuk wilayah Indonesia TImur dalam mewujudkan smart city dan menjadikan Kota Kupang sebagai role model penerapan standar untuk Indonesia Timur. Untuk itu BSN siap menyambut baik kerjasama dan komitmen dari pemerintah kota Kupang serta mendukung kota Kupang melalui pembinaan mutu dan melakukan pendampingan (dit. PPSPK).