Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Markisa ANAi Binaan BSN Makassar Berhasil Kantongi Pengakuan SNI

  • Rabu, 26 Februari 2020
  • 1058 kali

MAKASSAR, UPEKS.co.id — ANAi salah Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (BSN) Makassar berhasil mendapatkan Surat Persetujuan Penggunaan Tanda (SPPT) Standar Nasional Indonesia (SNI). Sesuai dengan aturan yang dipersyaratkan pada SNI 3719:2014 Minuman Sari Buah.

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Makassar Taufiq Hidayat mengatakan dalam penerapan SNI ini masih bersifat sukarela, sehingga masih belum banyak UMKM penghasil produk minuman sari buah markisa yang telah mendapatkan Label SNI.

“Markisa sebagai salah satu produk unggulan daerah Sulawesi Selatan, menjadikannya salah satu oleh-oleh khas Makassar yang digemari. Melihat peluang yang cukup besar. Pemilik UKM Pak Mustamin sebagai pemilik merk dagang Markisa ANAi sadar bahwa meskipun produknya masih dalam skala produksi industri rumahan, namun untuk dapat bersaing dengan produk lainnya di pasaran perlu memiliki nilai jual yang lebih,” ungkap Taufiq, Selasa (25/2/2020).

Kata dia, proses untuk mendapatkan label SNI bukan hal yang mudah untuk menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP), butuh komitmen yang kuat, kesadaran karyawan dan konsistensi dalam penerapannya.
Menurutnya, selain itu, produk sari buah markisa telah lolos uji laboratorium yang terakreditasi sesuai dengan SNI 3719:2014.

Dengan diberikannya Tanda SNI pada produk markisa ANAi menunjukkan bahwa minuman sari buah olahan tersebut sudah layak dan aman dikonsumsi serta berkualitas. Dengan diterapkannya Good Manufacturing Practice (GMP) dan dengan diberikannya label SNI pada produk Markisa ANAi diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan daya jual produk di pasaran.

“Sampai dengan saat ini Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Makassar telah melakukan pembinaan kepada beberapa UMKM di Sulawesi Selatan sebagai dukungan untuk Gerakan Sulsel ber-SNI. Diantaranya yang masih dalam proses sertifikasi SNI yaitu produk Dodol Rumput Laut dari UMKM Cottoni Panrita sebagai salah satu produk unggulan olahan hasil laut. Serta produk deterjen cair dari UMKM Be Clean yang diharapkan perolehan SPPT SNI dapat diperoleh pada Tahun 2020 ini (KET2_KLTMKS),” ujarnya. (Rasak).

 

Link : https://upeks.co.id/2020/02/26/markisa-anai-binaan-bsn-makassar-berhasil-kantongi-pengakuan-sni/