Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bangun Daya Saing UMKM, BSN Akan Kolaborasi dengan OK OCE

  • Selasa, 18 Februari 2020
  • Humas BSN
  • 593 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus mendorong penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh UMKM untuk meningkatkan daya saing menghadapi kompetisi global. Untuk itu diperlukan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan.

Kolaborasi dalam pembinaan penerapan SNI oleh UMKM, menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam audiensi antara Kepala BSN, Bambang Prasetya dengan Pengusaha Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang aktif dalam pembinaan UMKM, di Jakarta, pada selasa (18/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Prasetya menyampaikan rencana kerjasama BSN dengan OK OCE, komunitas usaha yang dicetuskan oleh Sandiaga Uno. Beberapa program yang rencananya akan dikolaborasikan adalah fasilitasi dan pendampingan penerapan SNI kepada pelaku usaha UMKM anggota OK OCE.

Sandiaga Uno menyambut baik rencana kerjasama ini. "SNI sudah menjadi ikon di kalangan bisnis baik kecil maupun besar, diharapkan dengan adanya kerja sama BSN dengan program OK OCE dapat membantu penerapan SNI termasuk pembiayaan sertifikasinya, terutama untuk "M dan K"-nya," ungkap Sandi.

Sementara itu, Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah menyampaikan bahwa rencana kerjasama BSN - OK OCE juga mencakup informasi dan peluang ekspor kepada UMK yang produknya telah tersertifikasi SNI, edukasi dan pelatihan penerapan SNI kepada anggota komunitas OK OCE, serta promosi produk UMK yang telah tersertifikasi SNI melalui media sosial BSN.

Gayung bersambut, Ketua Umum OK OCE, IIm Rusyamsi dalam audiensi menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan BSN.

Selain membahas tentang pembinaan penerapan SNI bagi UMKM, Bambang Prasetya juga mengundang secara langsung Sandiaga Uno untuk menjadi Ketua Dewan Juri SNI Award 2020 yang rencananya akan diselenggarakan pada Bulan November mendatang.

Turut hadir dalam audiensi Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno; serta Kepala Sub Direktorat Diseminasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Tintin Prihatiningrum dalam audiensi. (PjA - Humas).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan LAPOR

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat