Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Daya Saing di Era Global

  • Jumat, 07 Februari 2020
  • Humas BSN
  • 205 kali

YOGYA (KR) - Pengertian masyarakat, termasuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terkait standardisasi produk masih perlu ditingkatkan. Untuk itu perlu diberikan edukasi dan penyadaran kepada masyarakat secara terus-menerus. Standardisasi produk perlu dijadikan mindset bagi semua stakeholders terkait. Pasalnya dengan adanya standardisasi tersebut produk yang dihasilkan diharapkan mampu bersaing di era global.

 

"Guna meningkatkan pemahaman kepada masyarakat, sekaligus memperingati standardisasi dunia dan Bulan Mutu Nasional VI-II Tahun 2020, Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menyelenggarakan Indonesia Quality Expo (IQE) 2020,12-15 November mendatang di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta. Dipilihnya Yogya sebagai tempat pelaksanaan event karena Gubernur DIY Sri Sultan Hemeng-ku Buwono X adalah Tokoh Standardisasi Tahun 2019," kata Kepala BSN Prof Bambang Prasetyo yang didampingi Sekretaris Utama Puji Winarni usai bersilaturahmi dengan Gubernur DIY, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Selasa (4/2).

 

Diungkapkan, kegiatan IQE ditargetkan diikuti oleh 700 peserta. Untuk rangkaian kegiatannya meliputi lomba edukasi SNI, kunjungan ke industri penerap SNI, wisata edukasi SNI di Yogyakarta, talkshow, serta pengenalan produk ber-SNI. Selain itu untuk mendekatkan diri dengan masyarakat akan dilakukan konvoi kendaraan listrik (e-bike ride). Konvoi kendaraan listrik tersebut merupakan konvoi ke-2 setelah konvoi di Semarang pada tahun 2019.

 

"Lewat expo ini kami berharap bisa mengampanyekan program Langit Biru. Yaitu kampanye untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya memilih produk yang aman dan berkualitas," jelas Bambang.

 

Dalam kesempatan itu, Sri Sultan HB X sempat berpesan, agar standardisasi perlu dijadikan mindset bagi masyarakat dan pihak-pihak terkait. Karena saat ini standardisasi sangat penting, agar produk yang dihasilkan bisa eksis dalam menghadapi persaingan   (Ria)-d

 

Berita terkait: Harian Jogja halaman 11



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan LAPOR

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat