Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Berpartisipasi dalam Peluncuran ICA 2020

  • Senin, 23 Desember 2019
  • Humas BSN
  • 4371 kali

Indonesia CSR Awards (ICA) yang digelar oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) adalah kegiatan untuk menyosialisasikan dan menginternalisasikan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari kebijakan strategis perusahaan dalam praktik lingkungan, ketenagakerjaan, tata kelola perusahaan, operasi perusahaan, hak asasi manusia, konsumen, pelibatan & pengembangan masyarakat serta memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan bagi perusahaan dan institusi yang melaksanakan Social Responsibility (SR) dengan baik berdasarkan SNI ISO 26000:2013, Panduan Tanggung Jawab Sosial.

Untuk itu, Senin, 23 Desember 2019, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berpartisipasi dalam peluncuran ICA 2020 di Jakarta. Kepala BSN, Bambang Prasetya menghadiri acara dan memberikan sambutannya bahwa dengan adanya penerapan SNI ISO 26000:2013, menunjukkan standar dunia yang dijalankan dalam kegitan CSR di Indonesia yang mana bisa menjadikan Indonesia sebagai role model CSR dunia. “Sebelumnya kegiatan-kegiatan CSR lebih fokus untuk membangun fisik, kini dengan adanya kolaborasi dengan Pemerintah, kegiatan CSR sudah menyentuh secara lebih menyeluruh atau saling melengkapi satu sama lain. Sehingga, kedepannya kegiatan CSR selalu mengalami peningkatan yang berkelanjutan dan selalu berinovasi. Bahkan, CSR Indonesia bisa menjadi role model dunia.” Jelas Bambang.

Kemudian, “SNI ISO 26000:2013 yang merupakan panduan untuk CSR, menunjukkan Indonesia memiliki pergaulan global, juga standar CSR yang menggunakan ISO dapat dibandingkan dengan standar CSR global yang ada. Momentum tahun 2020 ini merupakan 10 tahun semenjak CSR di Indonesia menggunakan standar ISO.” Sambung Bambang.

Selanjutnya, Ketua Umum CFCD, Sudarmanto menyampaikan bahwa ICA 2020 Merupakan amanah konferensi nasional yang digelar dengan rangkaian acara seperti expo. ICA sendiri  sudah dimulai sejak 2006, dan berbagai perbaikan terus dilakukan yang tetap mengusung SNI ISO 26000:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial sebagai dasar pemberian penghargaan.

Dengan adanya ajang seperti ICA dapat memicu kepada perusahaan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan yang berkelanjutan yang mana sejalan dengan pesan dari Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mustikorini Indrijatiningrum, “ICA memicu kepada perusahaan kepada program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan melalui CSR di lingkup perusahaan masing-masing.”

“Diyakini melalui CFCD, CSR yang dijalankan berbagai perusahaan adalah program unggulan. Diharapkan ada sinergi antara program nasional dengan program CSR di desa-desa sekitar perusahaan beroperasi. Juga perusahaan yang berpartisipasi dalam ICA sudah menerapkan SNI ISO 26000 yang tentu dapat menambah nilai terhadap aktivitas sosial yang berkembang dewasa ini.” Jelas Mustikorini.

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah; serta Kepala Sub Direktorat Diseminasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Tintin Prihatiningrum turut menghadiri acara peluncuran ICA 2020 ini. (PjA – Humas).